Makanan Merpati Terbaik dan Tips Pemberiannya

Makanan Merpati Terbaik dan Tips Pemberiannya

Burung merpati dapat dikategorikan kedalam 2 jenis, yaitu merpati pedaging dan merpati lomba terbang. Pada dasarnya, burung merpati dinilai mampu dikutsertakan dalam suatu perlombaan sebab jenis burung ini termasuk golongan burung pintar. Hal tersebut terbukti karena burung merpati dapat dijinakkan dan memiliki kemampuan untuk mengenali kandang dan daerah di sekitarnya. Burung ini juga memiliki kelebihan lainnya, seperti dapat mengenali pasangan, pemilik, ataupun pelatihnya, meskipun dari jarak yang cukup jauh sekalipun.

Makanan Merpati Terbaik Untuk Merpati Balap / Pos / Kolong

Walaupun masing-masing jenisnya memiliki makanan yang berbeda-beda, akan tetapi makanan utama dari burung ini yaitu biji-bijian dan sayuran. Selama ini, pemelihara burung merpati umumnya menggunakan jagung sebagai makanannya. Akan tetapi, makanan untuk burung ada lebih banyak lagi. Berikut adalah beberapa makanan merpati terbaik serta tips pemberiannya.

1. Beras Merah

Beberapa orang cenderung lebih suka mengkonsumsi beras merah dibanding beras putih karena dipercaya dapat bermanfaat lebih bagi kesehatan. Tak terkecuali bagi burung, beras merah juga dapat diberikan sebagai asupan yang sehat dan kaya manfaat bagi burung merpati. Hanya saja harga beras merah juga cenderung lebih mahal dibanding beras biasanya. Oleh sebab itu, perlu pertimbangan yang lebih jika ingin digunakan sebagai makanan konsumsi burung Anda. Beras merah mengandung vitamin B1 yang dapat bermanfaat bagi burung merpati dalam memperkuat organ, meningkatkan stamina, dan mengembalikkan kondisi pasca kelelahan.

2. Jagung

Jagung bukan lagi makanan yang perlu diragukan untuk seekor merpati. Sebab, kebanyakan orang, terutama yang masih awam mengenai dunia burung, cenderung lebih mengenal jagung sebagai makanan utamanya. Hal ini cukup wajar sebab jagung memang sebuah jenis pakan yang cukup diminati oleh burung dan juga memiliki kandungan yang dibutuhkan olehnya. Pada umumnya, jagung dapat diberikan sebanyak 2 kali sehari sebagai pakan harian burung merpati.

Baca Juga:   7 Cara Membedakan Merpati Jantan dan Merpati Betina

3. Kedelai

Jenis biji-bijian memang termasuk jenis pakan yang diminati oleh berbagai jenis burung yang ada, terutama burung merpati. Kedelai juga termasuk salah satu biji-bijian yang dapat digunakan untuk pakan merpati tersebut. Pasalnya, kedelai memiliki multivitamin yang dapat bermanfaat bagi kesehatan merpati, yaitu vitamin A, E, B1, B2, B3, B6, dan B12.

4. Padi dan gabah

Padi juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan utama burung. Bentuk dari padi yang juga menyerupai biji-bijian juga akan diminati oleh burung. Jika Anda adalah peternak merpati yang tidak ingin begitu ribet, Anda dapat menggunakan padi atau gabah sebagai bahan makan merpati Anda. Mengenai kandungan dari padi itu sendiri, mungkin bukan lagi sebuah rahasia umum sebab hampir setiap orang, terutama di Indonesia, juga telah mengonsumsinya sebagai pangan utama.

5. Kacang Tanah

Kacang tanah selalu dijadikan bahan campuran makanan untuk pakan burung merpati. Pasalnya, kacang tanah termasuk biji-bijian yang juga memiliki cukup banyak kandungan, seperti lemak, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, protein, dan zat besi.

6. Kerikil atau Batu Kecil

Bagi masyarakat awam, kerikil mungkin bukan termasuk makanan yang sehat bagi burung merpati. Meskipun pada dasarnya kerikil atau batu kecil memang bukan termasuk jenis makanan, akan tetapi jenis bebatuan ini ternyata dapat membantu memperlancar proses pencernaan burung merpati. Teksturnya yang keras dapat dimanfaatkan untuk menghancurkan makanan berbentuk biji-bijian yang juga memiliki tekstur yang keras. Merpati akan menyimpan kerikil tersebut didalam temboloknya untuk menghancurkan biji-bijian keras tersebut. Sehingga proses pencernaan burung merpati akan menjadi lancar.

7. Kacang Hijau

Kacang hijau juga termasuk biji-bijian yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan burung merpati Kandungannya sebagai sumber protein, sumber serat, serta omega dinilai baik untuk kesehatan tubuh burung. Pemberian jenis pakan ini dapat dicampur pada berbagai jenis pakan burung lainnya.

Baca Juga:   Tips Cara Budidaya Burung Merpati Dengan Mudah

Tips Pemberian Pakan Merpati

Pada dasarnya, jenis pakan merpati tidak hanya terbatas dari biji-bijian saja. Selain jenis biji-bijian yang telah disebutkan sebelumnya, burung merpati juga dapat diberikan pakan berupa sayur-sayuran, seperti bayam, kangkung, kubis, wortel, seledri, dan selada.

Sementara itu, waktu pemberian pakan merpati juga cukup bervariasi. Namun pada umumya makanan utama dapat diberikan 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari. Selain makanan, burung juga tentu saja butuh minum. Minuman untuk burung merpati dapat disajikan kapan saja. Biasanya, minuman tersebut akan tersedia sepanjang hari dalam kandang. Kecuali jika Anda ingin menambahkan vitamin atau mineral, pemberiannya bisa diberikan seminggu sekali atau tergantung dari dosis yang telah ditentukan oleh produknya.

Selain dengan cara dicampur dengan air minumnya, pemberian vitamin juga dapat dilakukan dengan metode lain, seperti suntik. Biasanya yang menggunakan metode tersebut yakni pada saat pemberian vitamin B kompleks dan B12. Dosis yang dapat diberikan yaitu sekitar 0,25 mL hingga 0,4 mL. Namun jika vitamin tersebut tersedia dalam bentuk tablet, Anda dapat memberikan 1 tablet untuk satu burung dengan dosis sesuai ketentuan yang telah diatur dan disesuaikan oleh produk yang digunakan.

Give a Comment