Konsumsi Vitamin B Complex Setiap Hari

Konsumsi Vitamin B Complex Setiap Hari – Vitamin tidak dapat diproduksi di dalam tubuh, sehingga diperlukan pola makan yang tepat yang mengandung vitamin, salah satunya adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks penting untuk kesehatan dan membantu tubuh untuk menghasilkan energi dan pertumbuhan sel-sel tubuh.

Vitamin B kompleks hadir dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Berikut adalah fungsi dan sumber vitamin B kompleks yang perlu Anda ketahui:

Konsumsi Vitamin B Complex Setiap Hari

Konsumsi Vitamin B Complex Setiap Hari

Dalam studi 33 hari terhadap 215 pria sehat, pengobatan dengan vitamin dan mineral B kompleks dosis tinggi meningkatkan kesehatan mental dan depresi umum, dan meningkatkan kinerja pada tes kognitif.

Kenali Tanda Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B Complex!

Studi ini menemukan bahwa pasien yang menerima vitamin B12, vitamin B6 dan asam folat mengalami peningkatan respons antidepresan dalam satu tahun. Kekurangan kadar vitamin B tertentu, seperti vitamin B12, vitamin B6, dan asam folat, meningkatkan risiko depresi.

Pecinta sushi sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Salmon adalah sumber vitamin B yang baik. 100 gram ikan salmon mengandung vitamin B 18%, vitamin B 29%, vitamin B 50%, vitamin B 19%, vitamin B 47%, vitamin B6 47% dan vitamin B12 51%. Selain itu, salmon kaya akan lemak omega-3, protein, dan mineral selenium.

Sayuran hijau seperti bayam dan lobak yang dimasak mengandung asam folat yang tinggi. Namun, kandungan asam folat dari sayuran hijau yang dimasak dapat dikurangi. Karena itu, sayuran hijau harus direbus dan dimasak untuk meminimalkan hilangnya kandungan asam folat.

Telur adalah sumber vitamin B yang mudah diproses. Telur ayam rebus mengandung 33% biotin (vitamin B7) dalam setiap 50 gramnya. Selain itu, mengandung berbagai vitamin B, 15% vitamin B2, 9% vitamin B12, 7% vitamin B5 dan 5% vitamin B9.

Aturan Minum Vitamin B Kompleks Yang Tepat

240 ml susu mengandung 26% vitamin B2 dan vitamin B lainnya dalam jumlah yang lebih kecil. Susu mengandung 22-52% riboflavin, atau vitamin B2, menurut sebuah penelitian di European Journal of Clinical Nutrition. Selain itu, 240 ml susu mengandung 18% RDI vitamin B12, dan tubuh dapat menyerap 79% lebih banyak B12 dari susu dibandingkan dari produk hewani lainnya.

Baca Juga:   Manfaat Kacang Tanah Bagi Tubuh

Kacang kaya akan vitamin B9 atau asam folat. Salah satu manfaat asam folat adalah mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 600 gram kacang-kacangan selama kehamilan.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin B lainnya seperti riboflavin, thiamin, niacin, asam pantotenat dan vitamin B6. Beberapa kacang-kacangan yang merupakan sumber vitamin B yang baik adalah kacang merah, kacang hijau, kacang hitam, buncis, edamame, lentil, kedelai, dan kacang pinto. Waspadai Efek Samping Vitamin B Kompleks Pada Tubuh : 22 Februari 2019 Terakhir Diperbaharui : Oktober 2020 12 13 Juni 2019 Review Waktu Baca : 4 Menit

Konsumsi Vitamin B Complex Setiap Hari

Salah satu suplemen yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang adalah vitamin B kompleks yang berperan dalam menunjang kesehatan tubuh. Namun siapa sangka, vitamin B kompleks memiliki banyak efek samping yang bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Manfaat Vitamin B Complex Yang Harus Kamu Tahu

Vitamin B adalah vitamin yang larut dalam air yang membantu menjaga metabolisme sel yang tepat. 8 jenis vitamin termasuk dalam daftar vitamin B dan disebut vitamin B kompleks.

BELI IKLAN L-BIO 30 SACH FREE ONGKIR SELURUH INDONESIA ️ COD ️ GRATIS KONSULTASI APOTEKER ️ ORDER SEKARANG

Masing-masing vitamin ini memainkan peran yang berbeda dalam menjaga tubuh manusia. Mereka dapat diperoleh secara alami melalui makanan atau melalui suplemen.

Efek samping dari penggunaan vitamin B kompleks tidak selalu diamati, bahkan jarang terjadi. Namun, hal ini bisa terjadi ketika seseorang mengonsumsi lebih dari dosis yang dianjurkan.

Jual Vitamin B Complex Plus Vitamin C 100 Tablets 21st Century Vit B Kompleks

Dalam kasus yang parah, pasien dapat mengembangkan reaksi alergi terhadap vitamin B kompleks. Jadi, jika Anda tiba-tiba mengalami efek samping dari vitamin B ini, segera hentikan penggunaan suplemen tersebut. Jika gejalanya menetap atau Anda merasa reaksinya parah, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Dalam kasus yang jarang terjadi, overdosis tiamin (vitamin B1) dapat menyebabkan kegelisahan, retensi cairan, mual, kelemahan, dan berkeringat. Dalam kasus yang parah, overdosis thiamin dapat menyebabkan pusing, kesulitan bernapas dan sesak dada, pembengkakan lidah atau wajah, atau perubahan warna kulit.

Namun, dalam dosis tinggi, riboflavin dapat menyebabkan peningkatan buang air kecil dan diare. Reaksi yang parah dapat menyebabkan kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan atau lidah, atau ruam kulit.

Konsumsi Vitamin B Complex Setiap Hari

Ketika seseorang mengalami efek samping niasin, gejala yang paling umum adalah kulit memerah, berkeringat, kesemutan, atau kedinginan. Keadaan ini dapat bertahan hingga 4 jam setelah mengkonsumsi suplemen, tetapi merupakan keadaan yang berbahaya.

Baca Juga:   Cara Membedakan Ikan Channa Jantan Dan Betina

Waspada Efek Samping Vitamin B Kompleks Pada Tubuh

Promosi Pembelian Obat Alergi oleh HDmall Gratis Ongkos Kirim Ke Seluruh Indonesia ️ COD ️ Gratis Konsultasi Apoteker ️ Pesan Sekarang

Efek samping umum lainnya termasuk sakit perut, mual, muntah, diare, mulas, atau pusing. Dalam kasus yang parah, mengonsumsi terlalu banyak niasin dapat menyebabkan sering sakit kepala, detak jantung tidak teratur, pembengkakan tangan atau kaki, nyeri sendi, atau penglihatan kabur.

Dalam kasus yang jarang terjadi, pasien mungkin mengalami sakit perut, mual atau muntah, tinja berdarah atau hitam, mata dan otot menguning, atau nyeri sendi. Reaksi alergi terhadap niasin dapat menyebabkan pembengkakan, gatal, atau gatal-gatal pada bibir, lidah, tenggorokan, atau wajah.

Pasien yang mengonsumsi asam pantotenat atau vitamin B5 dalam jumlah berlebihan sangat rentan terhadap overdosis. Salah satunya bisa menyebabkan diare parah

Apa Manfaat Vitamin B Kompleks B12?

Dalam kasus yang jarang terjadi, pasien mungkin mengalami reaksi alergi seperti sesak dada, kesulitan bernapas, atau pembengkakan pada wajah, tenggorokan, bibir, atau lidah.

Efek samping dari piridoksin termasuk sakit perut, mengantuk, kesemutan dan kehilangan nafsu makan, mual atau muntah. Sering menelan piridoksin dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan otak dan saraf.

Dalam kasus yang jarang terjadi, efek samping vitamin B kompleks ini dapat menyebabkan sensitivitas di berbagai bagian tubuh, terutama tangan dan kaki, koordinasi yang buruk atau kelelahan yang ekstrem. Reaksi alergi terhadap piridoksin dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah, lidah, bibir, atau tenggorokan, kesulitan bernapas, atau gatal-gatal.

Konsumsi Vitamin B Complex Setiap Hari

Asupan asam folat yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung, terutama pada orang yang sudah memiliki penyakit jantung, dan asupan asam folat yang tinggi meningkatkan risiko kanker paru-paru atau prostat.

Jual Nutrimax B Complex 30 Tablets (bpom)

Dalam kasus yang parah, reaksi alergi dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir, wajah atau lidah, dada sesak, gatal-gatal, gatal atau pusing.

Pasien yang mengonsumsi terlalu banyak sianokobalamin mungkin memiliki peningkatan risiko diare, gatal, atau pembekuan darah. Pada kasus yang parah, reaksi alergi terhadap sianokobalamin dapat menyebabkan nyeri dada, pembengkakan pada wajah, lidah, atau bibir, pembengkakan tubuh, kelemahan otot, demam, kedinginan, memar, atau pendarahan.

Suplemen vitamin B tidak dianjurkan jika Anda sedang menyusui, hamil, menderita diabetes, maag atau radang sendi, memiliki reaksi alergi terhadap obat-obatan, atau sedang mengonsumsi obat herbal yang dapat menyebabkan reaksi buruk terhadap vitamin ini. Hal ini penting untuk diperhatikan karena risiko efek samping vitamin B kompleks.

Jadi, konsultasikan dulu dengan dokter apakah akan menggunakan suplemen vitamin B kompleks atau tidak. Jika perlu, tentunya dokter akan menyarankan dosis yang tepat untuk menghindari risiko efek samping vitamin B kompleks.

Baca Juga:   Cara Mengobati Penyakit Maag Akut

Becom C Kaplet

Tim editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari organisasi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami.

Gao Y, dkk. (2016) Perspektif baru tentang efek suplementasi asam folat selama kehamilan pada perkembangan saraf/autisme anak – tinjauan sistematis. DOI: (https://doi.org/10.1371/journal.pone.0165626)

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan dan bukan untuk diagnosis medis. Sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli di bidangnya secara langsung.

Konsumsi Vitamin B Complex Setiap Hari

Konten ini telah ditulis atau ditinjau oleh profesional kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang kredibel.

B Complex Plus Vitamin B 12 180 Tablets

Tim editorial berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca seluruh proses editorial di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat menghubungi kami di WhatsApp di 0821-2425-5233 atau melalui email di [email protected] Semua Produk Vitamin & Suplemen Vitamin B Kompleks 150 mg – 100 Tablet – Kesehatan Saraf dan Sel Darah 150mg K

Vitamin B kompleks Vitamin B kompleks untuk kekurangan vitamin. Vitamin ini juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks harian. Vitamin B kompleks ini memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh dengan membantu proses metabolisme tubuh, bertindak sebagai antioksidan, memproduksi neurotransmiter dan banyak lagi.

Vitamin B kompleks mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12 dan zat tambahan seperti kalsium dan nikotinamida. Vitamin B kompleks sebenarnya ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, sayuran hijau, hati dan ikan.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B, Bisa Berikan Manfaat Ini

Namun tidak semua orang bisa mengkonsumsi semua sumber vitamin B kompleks satu hari dan setiap hari. Itulah sebabnya masih banyak kasus kekurangan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks berperan sangat penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

Oleh karena itu dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen dan vitamin B kompleks untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks setiap hari. Vitamin B kompleks memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan saraf dan sel darah, metabolisme tubuh dll.

Jika efek samping tidak membaik, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter untuk penanganan medis lebih lanjut.

Konsumsi Vitamin B Complex Setiap Hari

Jika Anda ingin menggunakan vitamin B kompleks dengan obat lain, konsultasikan dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang digunakan dengan vitamin B kompleks.

Jual Puritan Pride Vitamin B Complex With Vitamin C 500 Timed Release 60 / 120 Kaplet Para Profesional

அதிகம் விற்பனையாகும் மருந்துகள் : ஐசோமன் பி ஐசோமன் ஏ ரைவெல் சிரப் 5 மி.கி/5 மிலி அசோமேக்ஸ் 500 மிகி கேப் 10 எஸ் அசிடைல்சிஸ்டைன் எடர்கான் 200 மி.கி ரைனோஸ் ஜூனியர் சிரப் 60 மிலி ஐசோப்ரினோசின் 500 மி.கி பை காங் சுவாங் கிரீம்