Ciri-Ciri Merpati Balap Jarak Jauh Kualitas Terbaik

Ciri-Ciri Merpati Balap Kualitas Terbaik

Seiring dengan maraknya perlombaan burung merpati di berbagai daerah, maka tidak heran jika burung merpati balap banyak diburu oleh masyarakat. Maka dari itu, permintaan dan harga burung merpati balap terus meningkat.

Merpati balap bukan sembarang burung merpati. Merpati jenis ini dikenal sebagai merpati pos racing. Dengan begitu, tak heran jika harganya melambung tinggi hingga mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah per ekor. Merpati itu harus jinak dan lincah terbang, agar bisa masuk ke arena balap merpati.

Memilih Bibit Terbaik untuk Merpati Balap

Memilih bibit merpati bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi bagi burung merpati sendiri, saat ini belum ada standar yang menentukan bibit terbaik burung merpati. Namun beberapa informasi mengatakan bahwa burung merpati kualitas juara yang memiliki nilai jual dan harga tinggi yang memiliki ciri merpati balap sprintĀ  sebagai berikut:

  • Burung harus memiliki mentalitas pemenang dan terlatih dengan baik.
  • Mengepakkan sayap yang kuat dan cepat.
  • Tubuh burung merpati harus seimbang, artinya sayap kiri dan kanan harus seimbang dan sempurna serta kokoh dan tidak ada cacat.
  • Terbangnya gesit dan lincah di udara.

Dalam budaya burung merpati balap, perawatan dan pemeliharaan merupakan salah satu penentu keberhasilan dari cara budidaya burung merpati. Perawatan dan pemeliharaan yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut:

  • Manajemen Pakan

Pemberian pakan harus dilakukan dengan cukup selektif, karena burung merpati sendiri merupakan jenis burung yang makan sangat banyak. Biasanya pemberian pakan dilakukan diluar kandang, hal ini sekaligus dilakukan pelatihan dan upaya agar merpati balap mengenal lingkungan luar.

Jenis pakan yang biasanya diberikan biasanya berupa makanan khusus untuk burung atau biji-bijian seperti beras, gandum dan jagung cincang. Proporsi pakan yang diberikan sesuai dengan proporsi ukuran tubuh dan kebutuhan.

  • Manajemen Kebersihan
Baca Juga:   Cara Memilih Merpati Balap Berkualitas Untuk Pemula

Seminggu sekali kandang harus selalu dibersihkan, hal ini sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan dari serangan penyakit. Menjaga kebersihan kandang dilakukan dengan cara membersihkan kotoran di kandang, membuang sisa air minum burung dan menggantinya dengan yang baru setiap hari. Penyemprotan menggunakan insektisida untuk mengusir serangga berbahaya.

  • Manajemen Pelatihan Perlombaan

Tentu saja merpati balap juga harus dilatih dengan baik untuk melihat seberapa baik untuk menjadi merpati balap yang unggul. Oleh karena itu, tentunya para pembudidaya dituntut untuk memiliki setidaknya skill atau keahlian melatih merpati balap. Sehingga akan menghasilkan merpati balap dari hasil budidaya sendiridengan kualitas yang bagus.

Apa saja Ciri-ciri Merpati Balap yang Bagus?

  1. Merpati balap yang baik memiliki postur tubuh yang ideal

Bentuk tubuh secara keseluruhan harus ideal, artinya tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus. Hal tersebut juga akan mendukung performa merpati balap saat terbang. Merpati balap yang baik dapat terbang dengan cepat. Postur tubuh merpati balap sangat rampingkarena memungkinkan merpati terbang dengan lincah dan tanpa rintangan.

  1. Merpati balap yang baik memiliki leher pas yaitu tidak terlalu panjang atau terlalu pendek

Kelincahan dari burung merpati saat terbang yaitu dipengaruhi oleh ukuran dan bentuk leher. Leher burung merpati seperti sebuah stang yang mengarahkan burung merpati untuk terbang. Jika merpati balap memiliki leher yang terlalu pendek maka tidak akan menunjukkan ketangkasan dalam terbang. Dan leher yang terlalu panjang akan memperlambat penampilan burung terbang dan menurunkan kelincahannya.

  1. Merpati balap yang baik memiliki badan dan batang tubuh yang kokoh

Merpati balap yang baik memiliki badan tegap dan tampan. Selain bisa memikat pasangan, burung merpati jantan juga sangat memikat para penggemarnya. Dengan leher besar sangat menarik untuk dilihat.Postur tegak ini sangat mendukung kelincahan dan kecepatannya saat terbang.

  1. Merpati balap yang baik memiliki sayap yang panjang
Baca Juga:   Cara Memilih Merpati Balap Berkualitas Untuk Pemula

Sayap merpati balap yang bagus yaitu cukup panjang danhampir menyerupai ujung ekornya. Atau ada juga panjang sayap tidak terlalu jauh dari ujung ekor. Dengan memiliki sayap yang panjang dan kuat kecepatan merpati balap akan lebih lincah saat terbang.

Pada umumnya sirip burung merpati balap yang baik berbentuk lurus dan penuh. Untuk sayap burung merpati pada umumnyahelai yang paling luar panjangnya lebih pendek dari pada helai bagian dalam.Namun, untuk burung merpati balap yang baik, helai bulu sayap terluar adalah yang terpanjang dari helai lainnya.

  1. Burung merpati balap yang baik terbang ke ketinggian yang tepat

Umumnya untuk mendapatkan kecepatan maksimum, merpati balap dapat mengukur kapan waktunya terbang tinggi dan kapan waktunya terbang rendah. Hal ini erat kaitannya dengan latihan yang biasa dilakukan oleh pelatih burung merpati balap.

Demikian artikel tentang ciri-ciri merpati balap terbaik saya buat, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para budidaya merpati balap untuk lebih extra dalam pemeliharaanya


Kata Kunci Terkait:

Ciri Merpati Balap , Ciri Merpati Balap Tembak Keras , Ciri Merpati Balap Sprint Yang Bagus , Ciri Merpati Balap Sprint , Ciri Merpati Balap Siap Lomba , Ciri Merpati Balap Juara , Ciri Merpati Balap Jarak Jauh , Ciri Merpati Balap Dan Tinggian, Ciri Merpati Balap Betina Super , Ciri Merpati Balap Bagus

Give a Comment