Cara Ternak Lovebird Koloni Agar Cepat Bertelur

Cara Ternak Lovebird Koloni Agar Cepat Bertelur – Cara Memelihara Burung Lovebird – Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung kicau yang hadir dalam berbagai jenis dan warna yang cantik dan menarik.

Ini diminati banyak orang, meski biasanya wanita juga menyukai burung kicau ini. Selain itu, suaranya yang khas memberikan daya tarik tersendiri, itulah sebabnya pengembangbiakan lovebird sangat diminati.

Cara Ternak Lovebird Koloni Agar Cepat Bertelur

Cara Ternak Lovebird Koloni Agar Cepat Bertelur

Beternak lovebird bisa menjadi hobi yang menguntungkan. Karena permintaan yang besar, daya beli dan jual jenis burung ini juga meningkat.

Penangkaran Lovebird Iwan Cisadane Bf: Dari Kandang Multifungsi Hingga Sangkar Gantung

Kali ini kita akan membahas cara beternak lovebird untuk pemula. Sebelum lanjut ke beternak perkutut, mari kenalan dulu dengan burung yang satu ini: meski sudah berkali-kali diternakkan dan terkenal di kalangan pecinta burung, ternyata burung tersebut bukanlah burung asli di Indonesia.

Lovebird sendiri merupakan hewan asli dari daratan Afrika yang ditemukan di banyak tempat seperti Namibia, Angola, Mozambik, Kenya dan masih banyak tempat lainnya.

Banyak orang yang menyukai jenis burung yang satu ini, namun tidak banyak yang mengetahui cara beternak burung lovebird yang baik dan benar. Nah, bagi yang masih bingung, silahkan baca ulasannya di bawah ini:

Hal pertama yang harus dilakukan petani baru adalah menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Ini termasuk kandang sapi yang lengkap, sarang burung (semacam rumah kecil untuk bertelur), tempat makan dan minum, sangkar burung dan bahan bersarang seperti tongkat kayu

Tahap Beternak Lovebird Bagi Pemula

Dengan fasilitas tersebut, burung harus merasa nyaman sehingga dapat bertelur dengan cepat. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis kandang yang biasa digunakan oleh peternak, yaitu kandang koloni dan kandang kotak.

Pastikan burungnya jantan dan betina karena sexing lovebird bisa jadi sulit karena postur dan tubuhnya sama. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri yang membedakan jenis kelamin lovebird yang sering digunakan oleh para breeder di Indonesia.

Baca Juga:   Cara Menyelesaikan Pelatihan Prakerja Yang Belum Selesai

Setelah jenis kelamin lovebird ditentukan, langkah selanjutnya adalah mencocokkan burung jantan dan betina. Perlu diperhatikan bahwa umur unggas yang siap berproduksi adalah sekitar 7 bulan atau lebih.

Cara Ternak Lovebird Koloni Agar Cepat Bertelur

Hal ini karena sistem reproduksi burung sangat terorganisir pada usia ini. Cara mengawinkan burung adalah dengan menempelkan sangkar burung satu sama lain.

Ternak Lovebird Koloni Kandang Kecil Youtube

Hal ini dimaksudkan sebagai proses mengenal burung. Jangan mencampur burung dalam sangkar secara langsung sekaligus, karena jika tidak sama, burung akan menyebabkan perkelahian antar burung. Hal-hal buruk itu terjadi, seperti burung yang lumpuh.

Ciri-ciri burung kawin sering tumpang tindih. Selain itu, perilaku mereka seolah-olah mereka saling memberi makan dan merawat. Jika bagian ini ditemukan, kita bisa memasukkan burung yang akan dikembangbiakkan ke dalam sangkar.

Setelah proses matchmaking selesai, tahap selanjutnya adalah proses breeding. Pada tahap ini, asupan pakan saat ini mempengaruhi anakan yang baik dan sehat.

Selain itu, pemberian vitamin juga sangat penting untuk meningkatkan kekuatan burung beternak. Selain pakan umum, seperti millet putih, pakan tambahan juga diperlukan.

Cara Menjodohkan Lovebird Agar Cepat Kawin Dan Bertelur

Petani sering memasok sayuran tambahan seperti kangkung, tauge, wortel, dan jagung muda. Pemberian pakan ekstra ini juga akan meningkatkan birahi lovebird. Sehingga indukan dapat dengan mudah bertelur.

Tahap selanjutnya dari lovebird adalah proses inkubasi telur. Setelah inkubasi berhasil, induk ovebird akan bertelur. Biasanya induk betina bertelur 3 sampai 4 butir. Namun, ada peternak yang bertelur lebih dari lima butir.

Proses inkubasi biasanya memakan waktu sekitar 22 sampai 25 hari. Jika burung tidak menetas selama fase lemah ini, ini dapat diperiksa dengan melihat telurnya.

Cara Ternak Lovebird Koloni Agar Cepat Bertelur

Apakah memiliki Embrio atau Zonk alias Hollow. Ketika telur sudah benar-benar zonk, induk lovebird bisa dikeluarkan dari kandang dan menjalani proses pengeringan agar cepat bertelur kembali.

Bisnis Ternak Lovebird 2017

Ada banyak alasan mengapa telur lovebird kosong. Ini termasuk malnutrisi, perubahan cuaca yang kuat, pemilihan induk yang salah.

Terkadang peternak baru bingung mengapa burung tidak menetas. Hal ini bisa terjadi karena semua breeder betina. Terkadang burung melakukan ini, tetapi telurnya tidak menetas.

Ketika orang tua telah menetaskan anak, hal-hal khusus harus dilakukan. Biasanya, seorang peternak akan mengambil anak ayam dari sarang induknya saat berumur sekitar 2 minggu.

Ini agar indukan lovebird cepat berkembang biak. Namun sebelumnya harus dikeluarkan dari kandang dan dibiarkan selama kurang lebih 2 minggu. Untuk lebih mempersiapkan indukan sebelum masuk kembali ke kandang.

Cara Ternak Burung Lovebird Koloni Dan Prospek Bisnisnya

Sebelum berumur dua minggu, anakan ditelan induknya. Tugas kami adalah menyediakan banyak pakan jagung dan mengganti air minum burung secara teratur setiap hari. Agar induk burung tetap sehat dan pemberian pakan terus berlanjut.

Baca Juga:   Vitamin Untuk Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur

Kandang merupakan kebutuhan penting untuk memelihara sejoli. Secara umum, ada dua jenis kandang yang biasa digunakan oleh para peternak lovebird. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut deskripsi lengkapnya:

Cara beternak lovebird yang pertama adalah dengan menggunakan sangkar besi. Biasanya ukuran ideal yang digunakan adalah 40 x 60 cm. kelebihan beternak karena lebih mudah dalam pengawasannya. Ketika ada burung yang sakit, lebih mudah dilihat.

Cara Ternak Lovebird Koloni Agar Cepat Bertelur

Kelemahannya adalah ruang burung terasa sempit dan kurang fleksibel. Sangkar box dijual dengan harga Rp. 150.000. per potong

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur , Terbukti Ampuh

Cara perkembangbiakan lovebird yang kedua adalah dengan menggunakan kandang koloni. Bentuk kandang ini lebih besar dari pada kandang kotak. Ukuran yang ideal untuk membuat kandang koloni adalah panjang sekitar 3 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 2 meter.

Ukuran ini dapat ditempati oleh sekitar 10 pasang sejoli. Kandang ini diharapkan lebih murah untuk digunakan daripada kandang kotak.

Dengan total sekitar 600 Anda dapat membangun kandang koloni. Keuntungan yang bisa didapat adalah burung lebih leluasa bergerak, burung suka berada dalam sangkar dengan burung lain.

Dan kelemahannya adalah burung yang sakit dapat dengan mudah menyebar ke burung lain.

Tata Cara Ternak Love Bird Untuk Pemula — Steemit

Beternak lovebird memang susah-susah gampang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berhasil memelihara burung kolibri.

Melihat harganya yang luar biasa, banyak orang berbondong-bondong untuk menyimpannya. Bukan hanya sebagai burung kicau untuk lomba, ternyata lovebird adalah salah satu burung yang paling pintar untuk dilatih sebagai burung sirkus.

Masih tidak yakin tentang budidaya sejoli? Semoga dengan menyimak ulasan di atas, Anda mendapatkan wawasan baru tentang sejoli. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan selamat mencoba. Tapi siapa sangka memelihara sejoli bisa menghasilkan uang di samping hobi Anda. Apalagi jika Anda sudah mengetahui cara mudah beternak lovebird di rumah.

Cara Ternak Lovebird Koloni Agar Cepat Bertelur

Kemudahan pemeliharaan dan harga jual yang tinggi menjadi alasan utama mengapa usaha ternak lovebird harus diperhatikan. Juga, pasarnya jelas, yaitu pecinta burung. Bahkan, sejoli menjadi lagu burung yang paling banyak direkam di Indonesia pada tahun 2012. Jumlahnya mencapai lebih dari 20%.

Jual #ternaklovebird Harga Terbaik & Termurah September 2022

Untuk itulah banyak orang yang membudidayakan burung lovebird. Cara beternak lovebird juga bisa dilakukan dengan mudah, tidak repot dan di rumah. Dengan ternak di rumah, pemeliharaan dan pemantauan bisa lebih intens. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk informasi selengkapnya tentang hewan lovebird!

Jenis burung ini dikenal sebagai lovebird karena selalu berduaan dengan pasangannya. Selain itu, burung ini dikenal setia, hanya memiliki satu pasangan atau monogami. Burung dari Afrika ini memiliki sifat aktif. Selain itu, mereka biasanya suka bersosialisasi dengan burung lain.

Baca Juga:   Cara Membuat Merpati Giring Keras Dengan Cepat

Keturunan dari genus Agapornis, lovebird memiliki tubuh kecil dan bulu berwarna terang. Panjang tubuh burung jenis ini adalah 13-17 sentimeter. Dengan perawatan yang tepat, burung yang satu ini bisa berumur panjang, mencapai 15 tahun.

Lovebird memiliki warna yang cantik dan bervariasi. Selain menjadi cara yang mudah untuk membiakkan burung lovebird di rumah, hal ini juga menjadi nilai tambah bagi lovebird. Beda warna, beda nama.

Tips Dan Trik Beternak Burung Parkit Agar Cepat Bertelur

Ada Lovebird Parblue, disebut juga Wajah Kuning, yang kepalanya berwarna kuning. Sedangkan bagian tubuhnya agak kebiruan. Ada juga lovebird fiddler dengan bagian atas berwarna oranye dan bagian bawah berwarna hijau. Selain itu, ada lovebird Batman hitam dan lovebird albino putih.

Lovebird umumnya memiliki sifat sosial yang terbuka, tetapi mereka juga pejuang. Oleh karena itu, lovebird banyak digandrungi oleh para pecinta burung. Lebih spesifiknya, berikut beberapa karakter lovebird yang sering terlihat:

Salah satu alasan banyak orang ingin memelihara burung ini adalah sifatnya yang mudah beradaptasi. Lovebird mudah dijinakkan dan tidak mudah stres. Oleh karena itu, cara mudah beternak lovebird di rumah bukanlah hal yang mustahil.

Cara Ternak Lovebird Koloni Agar Cepat Bertelur

Namun, di awal perawatan, perhatikan apakah lovebird yang disimpan perlu dijinakkan kembali. Satu hal yang perlu diingat adalah lovebird menyukai udara yang sejuk. Dengan menciptakan suasana yang sesuai dengan preferensinya, proses kustomisasi menjadi lebih mudah.

Modal Jutaan Raup Ratusan Juta, Alipudin Ternak Murai Batu

Lovebird suka bersosialisasi dan hidup berkelompok. Agar burung-burung ini lebih menikmati kehidupan kandangnya, lebih baik memelihara beberapa burung sekaligus. Itu juga membuatnya lebih sehat dan lebih energik.

Memelihara burung lovebird dengan sistem koloni juga merupakan salah satu cara mudah untuk mengembangbiakkan lovebird di rumah. Dilakukan dengan benar, cara ini dapat menghemat biaya sekaligus menghasilkan lebih banyak telur.

Tidak salah jika banyak pecinta burung yang menyukai burung lovebird. Pasalnya, burung ini memiliki karakter petarung dalam arti mudah terpancing dengan nyanyian. Sifat ini pasti akan berguna ketika diikutsertakan dalam kompetisi.

Namun, untuk mendapatkan lovebird aduan yang sesungguhnya, perlu juga diketahui sifat-sifat khususnya. Kualitas-kualitas ini dapat dilihat secara fisik jika Anda melihat lebih dekat. Misalnya, lehernya lebih panjang saat terkejut. Kepalanya juga terlihat mendongak.

Ciri Lovebird Akan Bertelur Serta Cara Perawatannya

Lovebird yang bergairah dapat menyebabkan banyak hal. Misalnya mengeringkan terlalu lama, memberi terlalu banyak makanan atau hanya mendengar terlalu banyak