Cara Ternak Burung Kenari Biar Cepat Bertelur

Cara Ternak Burung Kenari Biar Cepat Bertelur – – Kenari termasuk burung dengan postur tubuh yang relatif kecil. Memiliki bulu dengan warna yang bagus dan nada yang indah. Kenari adalah salah satu jenis burung yang paling menguntungkan.

Selain bisa ikut lomba, kenari juga bisa diperjualbelikan. Karena burung kenari sendiri memiliki peminat yang cukup banyak, baik itu senior maupun pemula. Tingginya minat para pecinta burung secara tidak langsung berkontribusi terhadap pertumbuhan permintaan burung kenari setiap harinya.

Cara Ternak Burung Kenari Biar Cepat Bertelur

Cara Ternak Burung Kenari Biar Cepat Bertelur

Nilai jual yang tinggi juga menjadi daya tarik para peternak kenari. Oleh karena itu, dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa budidaya kenari dapat menjadi lini bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Harga Obat Ayam Bangkok Cepat Bertelur Terbaru September 2022 |biggo Indonesia

Bagi Anda pecinta burung kenari, tidak ada salahnya mencoba untuk mulai beternak burung kenari mulai dari sekarang. Sebab selain untuk hobi, menanam kenari juga bisa menambah penghasilan finansial.

Namun biasanya keterbatasan dalam membudidayakan kenari adalah kurangnya pengetahuan tentang tata cara menanam kenari yang baik dan benar. Meskipun menanam kenari sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan bagi anda yang mungkin bisa dibilang pemula pun bisa jika ingin belajar.

Nah, jika Anda sudah siap untuk mempelajari cara menanam kenari, Anda bisa mulai membaca dan menuliskan langkah demi langkah cara menanam kenari di bawah ini.

Sebelum kita mulai beternak burung kenari, hal pertama dan terpenting yang perlu kita lakukan adalah memilih indukan. Induk yang kita pilih tentunya harus jantan dan betina. Nah, bagi banyak orang, terutama pemula, masih sulit membedakan jenis kelamin kenari.

Cara Ternak Kenari Dari Pemula Hingga Berhasil Dan Sukses

Oleh karena itu, disarankan untuk membahas terlebih dahulu apa saja perbedaan ciri kenari jantan dan betina. Sehingga nantinya kita bisa dengan mudah memilih produsen untuk ternak kenari.

Sebagai calon breeder, Anda harus bisa membedakan jenis kelamin burung kenari dengan benar. Jangan memilih sepasang kenari jantan atau betina.

Akibatnya, setelah sabar menunggu, kenari Anda tidak berkembang biak karena sama-sama jantan atau betina? Nah, untuk membedakan antara jantan dan betina, Anda bisa menggunakan landmark berikut ini.

Baca Juga:   Cara Melanjutkan Pelatihan Prakerja Yang Belum Selesai

Cara Ternak Burung Kenari Biar Cepat Bertelur

Setelah Anda mengetahui dan mampu membedakan jenis kelamin burung kenari, Anda juga harus memiliki pemahaman yang sangat baik tentang usia burung kenari serta kesiapannya untuk kawin. Hal ini menjadi faktor yang juga menentukan keberhasilan ternak kenari.

Cara Ternak Kenari: 7 Langkah Ternak Kenari Bagi Pemula

Adapun kenari yang baik dan benar biasanya dimulai saat kenari jantan berumur 8 bulan dan jantan berumur 6 bulan. Namun, untuk kenari berukuran besar seperti kenari Yorkshire, yang terbaik adalah mulai menanamnya saat berusia 10 bulan atau lebih.

Pastikan juga burung kenari yang akan Anda pelihara dalam kondisi menggairahkan. Burung kenari yang sedang berahi mudah dicocokkan sehingga dapat berkembang biak dengan cepat. Selain itu, kenari juga harus dalam bentuk dan kondisi fisik yang sehat. Sehingga hasil pembuahan berhasil dan menjadi telur yang baik.

Ya, buat kamu yang belum tahu cara membedakan kenari hangat atau tidak, kamu bisa menyimak informasinya di bawah ini.

Kenari jantan yang sedang berahi sangat mudah dikenali, biasanya terlihat agresif, dan sering mengeluarkan air atau kail. Terkadang dia juga suka membenturkan tubuhnya ke jeruji kandangnya.

Cara Ternak Lovebird Untuk Di Jadikan Usaha Anda Di Rumah Dan Menjanjikan

Perilaku agresif juga ditunjukkan dengan seringnya melompat-lompat di dasar kandang. Gakoran, saat nafsu juga terdengar lebih keras, menurunkan sayap hingga separuh badan.

Sedangkan kenari betina yang sedang birahi akan berkicau seolah-olah memanggil jantan. Ini akan merobek kertas atau serpihan kayu yang ada di dalam kandang. Selain itu, burung kenari yang kepanasan sering terlihat mengepakkan sayapnya.

Setelah mengetahui jenis kelamin, umur, dan juga keadaan birahi, giliran menentukan kandang ternak. Kandang adalah alat yang penting ketika Anda ingin beternak burung kenari. Pemilihan kandang harus tepat dan selalu dijaga kebersihannya.

Cara Ternak Burung Kenari Biar Cepat Bertelur

Pilih kandang ternak khusus jika Anda benar-benar ingin menanam kenari. Anda juga bisa memilih kandang dengan tampon di tengahnya. Kandang seperti itu bisa mempermudah proses perjodohan kenari.

Apa Penyebab Burung Kenari Tidak Bertelur?

Selain itu, kandang untuk kenari jantan harus digantung. Pastikan ukurannya cukup besar dan lapang. Tempatkan kandang jantan di tempat yang tenang dan aman.

Selain kandang, saat memelihara burung kenari, jangan lupakan keberadaan makanan di dalam kandang. Pakan untuk burung kenari selama proses ternak juga harus diperhatikan. Pemberian pakan merupakan salah satu kunci keberhasilan burung kenari.

Selama proses pemuliaan, Anda bisa memberikan benih seperti kenari dan mustard plester. Selain itu, mereka juga memberikan millet, mustard, sawi putih, mentimun segar, apel.

Ingatlah untuk selalu menyiapkan air bersih untuk minuman. Ayam rebus atau telur puyuh bisa diberikan sebagai makanan tambahan. Jika perlu, sediakan juga multivitamin kompleks khusus, yang bisa dibeli di toko atau pasar burung.

Baca Juga:   Makanan Lovebird Biar Cepat Bertelur

Cara Budidaya Burung Murai Batu Medan Agar Telurnya Menetas

Tahap selanjutnya dari metode budidaya kenari yang cukup bertanggung jawab adalah proses perjodohan kenari. Ada dua kemungkinan dalam pemilihan ini, yaitu kebetulan atau tidak. Jika mereka cocok, mereka dapat melanjutkan ke proses pernikahan. Jika Anda tidak cocok, Anda harus memasangkan kenari dengan kenari lain sampai Anda menemukan jodoh Anda.

Perjodohan itu sendiri sebenarnya dilakukan dalam rangka memperkenalkan kenari jantan kepada betina. Caranya adalah dengan menempatkan burung kenari jantan dan betina di kandang yang berbeda. Gunakan kandang dengan isolasi. Agar perjodohan berjalan lancar dan sukses, Anda bisa mencoba tips jodoh kenari berikut ini.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah perjodohan berikut, Anda akan dapat melihat hasilnya segera. Jika Anda mengambil beberapa burung kenari, Anda akan melihat perilaku ini.

Cara Ternak Burung Kenari Biar Cepat Bertelur

Jika kedua burung kenari tersebut sudah serasi, maka langkah selanjutnya adalah mengawinkan keduanya. Buat aliansi antara pria dan wanita. Caranya adalah dengan memasukkan kenari jantan di dalam kandang betina. Ingat, jangan dibalik.

Sebelum Ternak Burung Kacer, Pahami Problemnya Dulu!

Proses penggabungan yang benar sebaiknya dilakukan pada sore hari. Kenari yang mendekat biasanya saling melolong dan terlihat seperti berciuman. Jika keduanya sama-sama bernafsu, mereka langsung menikah.

Jika tidak ada perkawinan langsung setelah tanam, biarkan dua burung kenari di kandang yang sama setidaknya selama satu malam. Mereka biasanya kawin di pagi hari.

Kemudian pada pagi hari sekitar pukul 7 tempat pejantan kembali ke kandangnya. Kemudian pada sore hari, masukkan kembali kenari jantan ke dalam sangkar betina. Ikuti prosedur ini selama beberapa hari sampai Anda melihat betina bertelur.

Jangan lupa siapkan sarang telur lengkap dengan serat nanas. Agar nantinya burung kenari bisa bertelur dengan hati-hati di sarangnya, dan tidak bertelur sembarangan.

Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gacor Gemuk Birahi

Juga, pada langkah terakhir dari metode pemeliharaan kenari, Anda harus memberi perhatian khusus pada kenari betina. Karena jika tidak maka proses inkubasi akan terganggu dan telur tidak akan menetas. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat kenari betina mulai mengerami telurnya.

Saat kenari betina sedang mengerami telur, mintalah kenari jantan berada di dekat betina. Biasanya jantan akan mengalahkan betina, sehingga betina akan mengerami dengan maksimal. Itu terjadi secara alami, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Juga, ketika kenari betina sedang mengerami, berikan dia makanan dan air minum yang cukup. Secara bergantian berikan plester mustard dan apel sebagai makanan tambahan. Juga, 2 kali seminggu, berikan telur puyuh rebus.

Cara Ternak Burung Kenari Biar Cepat Bertelur

Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan kandang kenari. Bersihkan kandang dengan hati-hati untuk mengawetkan telur. Pemurnian sel dimaksudkan untuk menghindari penyakit dan bakteri. Sehingga selama masa inkubasi telur kondisi produsen tetap sesuai.

Baca Juga:   Cara Menyelesaikan Pelatihan Prakerja Yang Belum Selesai

Memahami Proses Menjodohkan Kenari

Setelah menunggu dengan sabar selama 14 hari, telur biasanya menetas. Bagi Anda yang baru bertani kenari, Anda masih belum tahu apa yang harus dilakukan. Tentu saja, Anda harus memberi makan indukan untuk dicairkan oleh anak burung kenari.

Jangan khawatir, bagi Anda yang masih baru, berikut beberapa tips memberi makan orang tua sambil membajak anak anjing.

Setelah semua bibit siap dipanen, Anda harus segera memisahkan bibit dari induknya. Kemudian pisahkan induk jantan dan betina. Mandikan kedua orang tua dan bila perlu berikan obat kutu.

Biasanya, selama proses inkubasi, banyak kutu di sarang Eraman yang menempel pada bulu kenari. Jadi, tujuan dari mengoleskan obat kutu adalah untuk menjaga tubuh dan kenari tetap bersih dan bebas dari kutu. Setelah mandi dan suntik obat kutu, keringkan seperti biasa.

Tips Mempercepat Proses Kawin Burung Kenari

Oke, sepertinya sudah selesai dengan tampilan lengkap bagaimana peternakan burung kenari dibuat. Kini saatnya Anda berlatih dan mulai menanam kenari sendiri di rumah. sebagai? Tentu tidak terlalu sulit bukan?

Meski Anda seorang pemula, bukan berarti Anda harus takut untuk mencoba. Anda harus siap untuk mulai menanam kenari mulai sekarang. Untuk meningkatkan pengalaman Anda. Jika masih tidak berhasil atau jauh dari maksimal, tidak apa-apa.

Dengan berjalannya waktu dan waktu terbang yang tinggi, Anda akan semakin mahir dalam beternak burung kenari. Bahkan jika Anda rajin dan teratur menanam kenari, Anda bisa mendapatkan keuntungan finansial darinya.

Cara Ternak Burung Kenari Biar Cepat Bertelur

Tags: “cara beternak burung kenari” selesai, cara beternak burung kenari agar sukses, cara beternak burung kenari untuk pemula, cara beternak burung kenari yang murah dan mudah. Burung kenari juga sangat terkenal di Indonesia karena memiliki warna bulu yang sangat indah yang merupakan kicauan yang berwarna-warni dan merdu.

Makanan Semut Rangrang Yang Bagus Untuk Menghasilkan Kroto Super

Dulu burung kenari hanya dimiliki oleh orang-orang yang tergolong kalangan atas, atau bisa dibilang orang kaya, karena dulu burung kenari ini sangat mahal harganya, sehingga mereka yang tergolong kalangan bawah harus berpikir dua kali jika ingin memilikinya. Simpan.

Kenari merupakan salah satu jenis burung yang dapat beradaptasi dengan medan apapun. Oleh karena itu kami akan mencoba memberikan tutorial memelihara burung kenari atau ternak.

Jika Anda ingin mendapatkan burung kenari, Anda perlu tahu bahwa itu akan menguntungkan, misalnya jika Anda menjual burung kenari yang berkualitas baik, harganya bisa sangat tinggi.

Peternakan burung kenari dibagi menjadi 2 sistem, salah satunya adalah sistem kolonial. Sistem kolonial mengacu pada menempatkan lebih dari satu jantan dan betina dalam satu kandang besar sehingga kenari dan induk jantan dapat memilih pasangan yang diinginkan.

Panduan Cara Beternak Kenari Paling Lengkap & Untung Besar

Sistem ini merupakan salah satu sistem yang