Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak – Cara memasangkan merpati Lovebird merupakan jenis burung yang sering diternakkan karena suaranya, warna bulu, dan tingkah lakunya yang dianggap menarik dan lucu.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan, seperti cara mengoordinasikan merpati, pemberian makan harian, dan pemeliharaan harian.

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

Di antara ketiga hal tersebut, yang paling sulit bagi pemula adalah menggabungkan klem. Banyak peserta didik yang sering gagal karena tidak mengetahui cara yang benar.

Nabylah Fitriani: Ibu Rumah Tangga Asal Maros Yang Piawai Beternak Lovebird

Memelihara burung peliharaan sendiri memang menyenangkan, apalagi bagi para pecinta burung. Namun, proses kawin burung terkadang gagal karena teknik yang tidak tepat.

Perkawinan merpati yang tidak tepat dapat mengakibatkan cedera karena merpati berkelahi atau tidak segera bertelur karena merpati tidak cocok untuk kawin.

Cara pertama untuk memasangkan sejoli adalah dengan mengetahui musim kawin burung tersebut. Musim kawin merpati bervariasi menurut spesies.

Di alam, pasangan kekasih memasuki musim kawin pada bulan Februari-Maret, April dan Oktober.

Alam Tani: Maret 2014

Spesies fiscer memasuki musim kawin mereka selama musim kemarau antara Januari dan Juli. Mengetahui musim kawin bisa lebih efektif untuk merpati Anda.

Proses kawin sepasang merpati akan dilakukan di dalam kandang, jadi sebaiknya siapkan kandang yang baik agar kawinnya nyaman.

Ukuran sangkar yang akan disiapkan tergantung dari cara atau cara pemilihan burung kesayangan, karena ada beberapa cara pemilihan.

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

Siapkan juga tempat bertelur di dalam kandang berukuran sekitar 20 cm x 20 cm x 25 cm.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Kawin Hingga Bertelur Untuk Pemula

Tambahkan ranting, daun kering dan serutan kayu di sekitar area pemerahan untuk nuansa yang lebih alami. Pecinta mendekorasi sarang mereka untuk membuat mereka merasa nyaman.

Baca Juga:   Mau Pasang Wifi Tapi Jaringan Penuh

Agar proses merger berjalan dengan baik, tentunya Anda harus memilih orang tua yang tepat. Pilihlah lovebird yang sudah siap kawin sehingga saat Anda memasangkannya dengan lawan jenis akan langsung kawin.

Pastikan merpati yang Anda pilih sebagai induk berjenis kelamin jantan dan betina, karena banyak merpati baru yang salah menilai jenis kelaminnya.

Selain itu, ujung ekor burung jantan biasanya runcing, sedangkan ujung ekor betina tumpul dan sedikit melebar. Pastikan Anda berusia minimal 12 bulan dan siap untuk menikah.

Mengenal Perbedaan Jalak Suren Jantan Dan Betina, Mudah!

Padahal, hal ini sangat penting dilakukan karena perawatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi burung.

Berikan calon orang tua pria dan wanita seminggu sebelum menikah vitamin khusus yang dapat meningkatkan motivasi.

Selain itu, Anda harus memandikan burung selama beberapa hari atau seminggu dan memberinya makanan tambahan, yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

Makanan tambahan bisa berupa kangkung atau buncis, mana saja yang disukai burung Anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses merger.

Cara Membedakan Lovebird Birahi Dan Lovebird Emosi Part I

Diantaranya menjaga kandang di tempat yang tenang dan damai, tidak terlalu sering melihat burung agar tidak mengganggunya, menyediakan lingkungan yang bersih dan nyaman, serta nutrisi dan vitamin yang cukup.

Merpati berpasangan sering dipilih jika Anda hanya memiliki dua merpati atau jika Anda ingin menggabungkan merpati dengan karakteristik yang kuat.

Caranya adalah dengan mengenalkan terlebih dahulu kedua merpati tersebut ke dalam kandangnya selama 3 sampai 4 hari.

Jika seekor lovebird selalu terlihat berdekatan dan tidur nyenyak, itu berarti kedua burung tersebut sudah terhubung. Anda kemudian dapat menempatkan dua merpati bersama-sama di kandang yang sama untuk kawin.

Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Beserta Gambar, Video

Cara mengawinkan merpati dalam satu koloni dipilih jika kesulitan menentukan merpati mana yang betina dan mana yang jantan.

Metode ini sangat bagus karena burung berpartisipasi dalam seleksi alam, yang memungkinkan mereka memilih induk yang mereka sukai.

Cara melakukannya adalah dengan melatih banyak ekor dengan jumlah induk jantan dan betina yang sama.

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

Siapkan minimal 3 pasang burung dara agar hemat dan pilih indukan yang siap kawin. Tempatkan di kandang koloni.

Cara Mudah Menjodohkan Murai Batu Jantan Dan Betina

Tunggu dan biarkan merpati memilih pasangannya. Cara ini sangat direkomendasikan karena lebih cepat dan efisien.

Jenis merpati kawin selanjutnya yang bisa dipilih adalah poligami yaitu merpati jantan bersayap banyak.

Metode ini digunakan di penangkaran di mana tidak ada kekasih laki-laki berkualitas tinggi yang dapat dipilih oleh induk jantan untuk memilih betina.

Merpati jantan dapat menginseminasi beberapa induk, sehingga metode ini akan menghasilkan produksi yang cepat karena beberapa betina dapat bertelur secara bersamaan.

Baca Juga:   Makanan Ayam Biar Cepat Bertelur

Cara Mengatasi Lovebird Gestang Agar Mau Kawin

Cara mengaitkan sejoli di usia muda dianggap sangat sukses. Saat muda atau baru lahir, semua merpati, jantan dan betina, ditempatkan di kandang yang sama.

Usia minimum sejoli dalam satu kandang adalah 1 bulan. Lovebird yang telah bersama sejak kecil akan memaksa mereka untuk terikat dan mengerti karena mereka telah bersama begitu lama.

Perkawinan merpati di usia muda lebih alami dan tidak melibatkan campur tangan manusia.

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

– Previous Article Cara Menanam Kacer Sejati untuk Pemula Next Article – Penyakit Ayam Yang Harus Diwaspadai Peternak

Penyebab Dan Cara Mengatasi Lovebird Yang Tidak Mau Kawin

Ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam yang banyak digemari, terutama bagi para penggemar pencak silat. Seperti namanya…

Beri makan jangkrik Jangkrik adalah jenis serangga yang kaya protein. Belakangan ini jangkrik banyak dibudidayakan…

Kandang burung kenari Memelihara burung kenari adalah pekerjaan tetap. Burung yang bernyanyi…

Kandang Jangkrik | Apakah Anda berencana membangun peternakan jangkrik atau memelihara burung untuk kebutuhan makan? Apapun alasannya, saat…

Jenis Varietas Burung Kenari, Terlengkap!

Rumah Ayam Joper | Jika anda ingin beternak terutama ayam, kandang ayam merupakan tempat yang sangat penting.…

Suara bintang kebo Setelah merpati menjadi salah satu burung yang paling banyak dicari oleh warga Indonesia, bintang kebo atau yang biasa dikenal dengan bintang hitam adalah cara yang mudah untuk merawat merpati ini dan memiliki suara yang merdu serta bulu yang indah.

Pastikan kandang yang digunakan bersih dan dapat dibuka dengan mudah untuk dibersihkan.

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

Bagian pinggir stand juga harus mudah diganti dan tidak terlalu banyak bergerak agar burung tidak stress saat dilepas.

Tips & Cara Menjodohkan Lovebird Galak

Buah dan sayuran yang disukai merpati antara lain pir, apel, anggur, sawi putih, kangkung, baby corn, dan banyak lagi.

Untuk mendapatkan protein dan vitamin, meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh burung, mereka membutuhkan makanan tambahan:

Waktu terbaik untuk memandikan burung adalah pada pagi hari (7-8 pagi) dan sore hari (12/1 malam).

Anda bisa memberikan multivitamin, yang banyak tersedia di toko hewan peliharaan. Perhatikan juga dosis yang tepat agar merpati tetap aman.

Cara Mudah Menjodohkan Lovebird Galak Dan Beda Warna

Selama waktu ini, metabolisme burung peliharaan meningkat hingga 40% dari normal, sehingga mereka harus diberi makan makanan berkualitas tinggi dan porsi yang lebih besar.

Anda juga harus menghindari pertemuan merpati dengan spesies merpati lainnya, karena hormon yang terkait dengan hormon reproduksi dapat mengganggu proses perkembangbiakan di daerah yang tidak seimbang.

Burung-burung ini akan sering menempel di dinding sangkar/jeruji dan duduk di tempat yang telah ditentukan.

Baca Juga:   Cara Membuat Merpati Giring Keras Dengan Cepat

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

Cara memasangkannya sangat sederhana, cukup masukkan dua ekor burung dara dalam satu kandang selama kurang lebih 3-7 hari.

Cara Menjodohkan Lovebird Yang Benar, Agar Cepat Jadi

Jika merpati terlihat saling mengejar saat bertemu, ini menandakan bahwa kedua merpati tersebut tidak cocok dan harus segera diganti dengan merpati lainnya.

Merpati dapat menghasilkan 4-6 telur per kopling, yang akan diinkubasi selama 3 hari setelah menetas.

Tetapi ketika merpati bertelur untuk pertama kalinya, seringkali ada beberapa telur yang tidak menetas, dan itu normal.

Sedangkan jika telur berikutnya gagal/menetas, bisa jadi induknya terlalu muda, kondisi kandang kurang bersih, kurang gizi, atau lainnya.

Mak’e Bird Farm Fokus Breeding Lovebird Warna Kelas Menengah

Tujuan dari fase perawatan ini adalah untuk mempersiapkan merpati untuk tingkat yang diinginkan dan toleransi yang stabil. Mengingat sebagian besar merpati adalah burung monomorfik yang tidak menunjukkan perbedaan fisik yang signifikan untuk menunjukkan jenis kelaminnya, seringkali sulit untuk membedakan karakteristik merpati jantan dan betina.

Namun seiring dengan semakin populernya burung merpati, kini banyak penelitian yang menghasilkan beberapa ciri burung merpati jantan dan betina, beserta gambar-gambarnya yang mudah dipahami oleh pemula.

Berikut adalah 7 karakteristik yang perlu dipertimbangkan ketika membedakan antara dua jenis merpati, khususnya merpati stok dan merpati katup.

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

7 Ciri-ciri Membedakan Merpati Jantan dan Betina 1. Jarak antara tulang ginjal merpati betina lebih lebar dibandingkan dengan merpati jantan.

Cara Menjodohkan Lovebird Agar Cepat Kawin Dan Bertelur

Untuk memeriksa hati merpati, Anda harus terlebih dahulu menangani merpati dengan hati-hati.

Kemudian dengan lembut sentuh tulang samping di antara kaki merpati dengan jari telunjuk Anda.

Jika merpati berjenis kelamin betina, jarak antara kedua tulang ginjal akan tampak lebih panjang.

Perilaku lovebird jantan dan betina ini hanya bisa dilakukan pada saat burung sudah dewasa, biasanya 1 tahun ke atas.

Rahasia Juara Ciri Ciri Lovebird Siap Gantang/ Dilombakan

Namun, jika Anda memiliki dua merpati dengan ukuran yang sama, akan sulit untuk membedakan apakah mereka jantan atau betina.

Meskipun kedua jenis kelamin merpati memiliki tingkat teritorial dan agresi, selama musim kawin merpati betina biasanya lebih teritorial dan akan bertindak agresif terhadap manusia untuk mempertahankan wilayahnya, yang akan ia gunakan sebagai tempat bersarang.

Jika Anda memiliki 2 ekor merpati dalam satu kandang dan kemudian jika Anda ingin membersihkan kandang atau mengganti makanan, ada satu burung yang lebih agresif dari burung lainnya, kemungkinan besar burung itu betina.

Cara Menjodohkan Lovebird Betina Galak

Naluri cinta lovebird jantan adalah melindungi dan memenuhi kebutuhan nutrisi lovebird lain dalam satu kandang.

Tips Mencetak Murai Batu Albino !! Bukan Kebetulan Dan Hoki

Merpati jantan sering makan banyak di piring