Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin

Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin – Bagi peternak berpengalaman, mengawinkan burung kenari jantan dan betina tentu bukanlah tugas yang sulit. Namun, hal ini tidak berlaku untuk pemula. Karena kenari jantan tidak pernah kawin dengan betina, mereka terkadang menjadi marah dan tertekan.

Secara naluri, kenari jantan yang sudah mencapai kematangan seksual tentu tertarik untuk kawin dengan kenari betina. Demikian pula kenari betina dewasa ingin kawin dengan kenari jantan.

Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin

Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin

Apalagi burung kenari yang di rawat orang tidak selalu memiliki kesempatan untuk kawin. Dua burung dari lawan jenis, mengikuti naluri mereka, ingin menikah.

Canary_tweet حســاب لبــيع وشراء طيور الكــناري )(كنار ،ح…

Jika burung kenari jantan dan betina dewasa secara seksual tidak mau kawin, pasti ada beberapa faktor penyebabnya. Misalnya lingkungan kandang/kandang kawin tidak nyaman, salah satu/kedua burung kenari kurang fit dan juga sakit, pinang dalam keadaan birahi, dll.

Pernikahan Canary biasanya diadakan untuk dua tujuan. Pertama, kenari betina sangat penting untuk menghasilkan telur yang subur, yaitu telur yang dibuahi oleh sel sperma (spermatozoa) dari kenari jantan.

Karena hanya telur yang fertil yang mungkin menghasilkan anak ayam/anak ayam. Petani kenari ingin mencapai tujuan ini.

Kedua, sebagai sarana pelepas nafsu berlebihan terhadap hewan peliharaan, termasuk burung kenari tanding, mereka rajin bernyanyi. Pada kenari kompetitif, perkiraan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan burung terjebak di lapangan.

Cara Menjodohkan Kenari

Banyak juga burung kenari pesaing yang dijadikan bahan induk. Misalnya Kenari Saker Kenkana Koleksi Kacang Pesona Kenkana oleh Om Angasona dari Jogja Bird Farm (SKC JGJ BF). Meski sudah memiliki puluhan ekor anak, Pesona Kenjana masih aktif bersaing hingga artikel ini diterbitkan.

Dari uraian pendahuluan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kenari jantan dewasa secara seksual, terutama pada kenari kompetitif, harus dikawinkan secara berkala dengan kenari betina untuk tujuan pemuliaan dan non-perkembangbiakan.

Ada dua model perkawinan yang sering digunakan, khususnya bagi para peternak kenari. Pertama, cetak pasangan konstan. Artinya, setelah dicocokkan, keduanya akan menjadi pasangan seumur hidup, termasuk selalu membantu merawat yang muda.

Baca Juga:   Cara Agar Burung Puter Cepat Bertelur

Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin

Kedua, model perkawinan poligami. Saat kawin, setiap kenari jantan hanya akan kawin dengan kenari betina. Setelah kawin, kenari jantan dikeluarkan dari kandang kenari betina dan kemudian (beberapa jam atau hari kemudian) dapat berkembang biak dengan betina lain.

Beternak Burung Kenari, Ini Cara Lengkap Yang Harus Anda Tahu

Model kedua ini banyak digunakan oleh para petani kenari di Indonesia karena memiliki keunggulan tersendiri. Misalnya, menjaga jumlah pria. Meskipun jantan ini adalah bahan yang unggul, peternak dapat memperoleh anak anjing dari keturunan unggul melalui banyak pasangan betina.

Namun, bahayanya kenari jantan tidak selalu siap kawin dengan betina saat dikandangkan/dikurung bersama. Untuk mengatasinya, kita perlu menyiapkan bahan induk jantan dan betina dengan ketentuan sebagai berikut:

Perhatikan tanda di sekitar kloaka kenari betina. Jika terlihat kering (kiri), berarti belum siap kawin. Jika membengkak berwarna merah (kanan), berarti sudah siap kawin.

Waktu seks terserah Anda. Sebenarnya ada juga yang menyarankan pagi hari, namun tak ada salahnya jika Anda menikah dengan orang gila di sore atau malam hari. Padahal, menurut hasil penelitian, perkawinan kenari antara pukul 13.00 dan 18.00 menawarkan peluang terbesar untuk mengembangbiakkan pike/anakan jantan.

Mudah! 7 Cara Ternak Kenari Untuk Breeder Pemula

Pada model lepasan, kenari jantan harus segera dicabut setelah 1 jam kawin atau kawin 2-3 kali. Setelah kedua burung berpisah, cobalah untuk tidak melihatnya lagi.

Secara teori, ketika kenari jantan kawin dengan betina, ia menyemprotkan sel spermanya ke dalam sistem reproduksi betina dan mencapai sel telur, atau ovum, sehingga terjadi proses pembuahan, atau pembuahan.

Telur yang dibuahi oleh sel sperma, yang kemudian berkembang menjadi embrio masa depan, adalah tetesan kecil atau cakram germinal yang menempel pada permukaan kuning telur (yolk). Saat ibu mengerami telur, cakram germinal secara bertahap mengembang dan berkembang menjadi embrio. Dan kemudian menjadi pilihan yang bisa memecahkan cangkang/cangkang telur.

Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin

Namun pembuahan/hamili tidak selalu terjadi pada pernikahan pertama. Jadi kita harus mengulanginya selama beberapa hari. Pada saat ini, setelah kenari jantan diambil, keesokan harinya, ia berpasangan dengan betina yang sama lagi selama 1 jam.

Cara Menurunkan Birahi Murai Batu Agar Tidak Ingin Kawin

Lakukan ini sampai hari ketiga. Jadi tidak perlu di mix lagi di hari keempat. Dengan kawin selama tiga hari, itu meningkatkan kemungkinan pembuahan atau pembuahan, bahkan jika hanya 1 jam atau 6-9 perkawinan yang mungkin per hari.

Kenari jantan yang direkrut secara khusus setelah kawin dengan betina A dapat digunakan kembali untuk kawin dengan betina lainnya. Tentu saja, betina kedua juga harus matang secara seksual dan dalam keadaan birahi untuk memudahkan proses kawin.

Baca Juga:   Cara Mengecek Ketersediaan Jaringan Indihome

Namun perlu diperhatikan bahwa jarak antara kenari jantan A dan B kawin dengan betina. Bekerja selama lebih dari enam jam untuk kualitas sel sperma pria. Jika jaraknya terlalu dekat, air maninya encer dan mengandung sel sperma yang sangat sedikit.

Sebagai tip tambahan, suatu hari Anda akan menghadapi situasi di mana kenari jantan menolak untuk kawin dengan betina, bahkan jika Anda bersama selama lebih dari 1 jam. Jika penyebabnya tidak berhubungan dengan faktor hormonal, ada trik untuk memancing kenari jantan untuk kawin dengan betina:

Cara Beternak Lovebird Burung Cantik Agar Cepat Bertelur

Namun kenari jantan yang sudah kawin dengan betina terkadang tidak mau kawin dengan betina yang kami tawarkan. Karena status hormonal burung bisa naik turun. Libido juga bisa naik turun.

Untuk menjaga kondisi hormonal dan estrus yang optimal baik pada kenari jantan maupun betina, disarankan agar dua ekor burung menggunakan Birdmature 4-6 hari berturut-turut sebelum kawin. Hal ini diulang sebulan sekali agar induk burung selalu siap untuk berkembang biak. Banyak peternak burung telah merasakan manfaat Burung Dewasa.

Beberapa poin penting tentang perkawinan burung kenari dapat bermanfaat bagi peternak pemula maupun burung kenari lainnya. (OK-1) Dalam beternak burung kenari, adaptasi merupakan hal yang penting agar proses produksi berjalan sesuai keinginan pemilik.

Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin

Dalam mengadaptasi burung kenari memang tidak mudah, apalagi bagi pemula, karena diperlukan kondisi tertentu untuk beradaptasi sampai burung mau kawin, agar burung kawin satu sama lain dan burung kawin dan tidur. Setelah telur.

Cara Menjodohkan Kacer Agar Lebih Cepat Kawin

Sebelum kami menjelaskan cara menjodohkan burung kenari, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal tentang ketidakcocokan mereka agar saat proses pencocokan terjadi, hasilnya semulus yang Anda inginkan.

Kandang yang digunakan burung kenari untuk aklimatisasi harus disimpan di tempat yang nyaman agar proses aklimatisasi burung tidak terganggu oleh gangguan-gangguan berikut:

Dalam hal adaptasi tentunya kematangan birahi burung harus dimiliki oleh kedua burung tersebut, karena jika burung tersebut belum dewasa dan dewasa maka burung tersebut tetap tidak mau kawin dan kawin. Itu juga perlu didukung dengan baik.

Sebelum membandingkan burung kenari, hal pertama yang harus diperhatikan adalah keadaan birahi burung, kesiapan untuk kawin, serta kebiasaan dan karakter umum masing-masing jenis kelamin, baik jantan maupun betina.

Cara Ternak Burung Kenari: Perencanaan Dan Eksekusi

Namun bagi rekan-rekan yang belum mengetahui cara membedakan burung kenari jantan dan betina bisa membaca penjelasannya di halaman lain, lihat: Perbedaan burung kenari jantan dan betina

Baca Juga:   Cara Merawat Merpati Saat Bertelur

Namun bagi rekan-rekan yang sudah mengenal burung kenari jantan dan betina bisa melanjutkan penjelasan di bawah ini untuk mempelajari proses pencocokannya.

Untuk menentukan apakah kenari jantan sudah matang untuk kawin, pasangan dapat melihat kebiasaannya, di mana burung sudah matang untuk kawin dan siap kawin, dan burung itu bernyanyi dengan sungguh-sungguh.

Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin

Biasanya saat bernyanyi, kenari jantan sudah bernafsu bernyanyi, sering mengepakkan sayapnya dan membuat suaranya tinggi, panjang dan terus menerus.

Menjodohkan Indukan Burung Jalak Bali

Selain itu, kenari siap kawin sering bergerak naik turun di dalam kandangnya saat mendekati betina.

Ciri fisik kenari betina yang siap kawin antara lain warna merah dan kloaka yang lebih besar dari sebelumnya.

Selain itu, kenari betina dewasa yang sudah siap kawin pun sering menjadi heboh ketika mendengar nyanyian jantan, terkadang mengepakkan sayapnya dengan lembut.

Selain itu, kenari betina yang siap kawin seringkali membawa bahan-bahan yang bertekstur lembut seperti bulu yang rontok, kertas, dan daun-daun kering, yang nantinya digunakan sebagai bahan bersarang.

Tips Cara Berternak Burung Kenari

Idealnya, pilih yang berumur sekitar 8 bulan untuk kenari jantan dan 1 tahun untuk kenari betina.

Selain itu, dukung terus pemberian pakan burung dengan pakan yang disukai dan pakan yang bergizi cukup agar burung memiliki nafsu makan yang cukup, tidak berlebihan.

Ciri-ciri burung kenari adalah birahi yang sangat tinggi, kemudian burung menjadi agresif dan saling berkelahi.

Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin

Selain itu, jika nafsu kurang, burung tidak akan terlalu bersemangat, dan bahkan jika burung memiliki kecocokan, burung tidak akan mau kawin.

Tips Beternak Kenari

Seperti manusia, burung kenari memerlukan prosedur yang memakan waktu sekitar 3 hari, dengan kandang jantan dan betina diletakkan berdekatan satu sama lain pada tempat bertengger paralel.

Dan meskipun burung sering tidur berdekatan di malam hari, burung sudah beradaptasi dan terbiasa dengan kandang yang disediakan sebelumnya, bersarang, dll.

Adapun cara mengawinkan burung kenari terkadang sering kita jumpai dalam hiruk pikuk kicau, dimana burung yang sudah dikawinkan tetap saja tidak mau kawin, padahal tujuan dari mengawinkan burung adalah untuk mengawinkan dan menghasilkan keturunan yang berkualitas. Seperti mereka. orang tua

Jika hal di atas sudah dilakukan dan kondisi sudah pada properti, namun burung tetap tidak mau kawin atau kimpoi, Anda bisa melakukan tips berikut ini:

Cara Mudah Menjodohkan Murai Batu Jantan Dan Betina

Jika kenari jantan tetap tidak mau kawin dengan betina, pisahkan terlebih dahulu di kandang terpisah.