Cara Menambah Tenaga Motor Vega Zr

Cara Menambah Tenaga Motor Vega Zr – Yamaha Vega ZR sudah beredar di jalanan Indonesia sejak tahun 2009. Motor ini lahir sebagai adik dari New Vega R yang digandrungi pemiliknya karena reputasi kehandalan mesinnya. Dari pemberitaan soal kehandalan mesin New Vega R, banyak para pengendara motor yang menginginkan motor kencang dan irit mencari Vega ZR baru.

Meski awalnya banyak yang kecewa dengan tampilan Yamaha Vega ZR original dengan signboard lampu mika kuningnya, penjualannya tetap solid dan Yamaha langsung meresponnya dengan memperbaiki tampilan merek light.mika saat meluncurkan new Vega ZR. seri dengan tanda-tanda cahaya. lampu mika.

Cara Menambah Tenaga Motor Vega Zr

Cara Menambah Tenaga Motor Vega Zr

Dengan tampilan baru, banyak orang mulai mempromosikan motor 113,7 cc ini, termasuk saya saat itu. Pada tahun 2010, sebagai lulusan SMA profesional yang baru mulai bekerja, memiliki sepeda motor sudah menjadi impian sejak SMA. Meski terjadi secara berurutan pada saat itu dan tentu saja butuh waktu lama saat saya menulis ini, tetapi pada akhirnya motor ini telah bersama saya di mana-mana selama lima tahun terakhir. Lima tahun, Vega ZR putih saya telah menempuh 84000 km di odometer (walaupun sudah mati selama beberapa bulan karena putusnya kabel akselerator).

Modifikasi Mesin Bikin Kenceng, Malah Bbm Lebih Irit (stage Ii)

Dari ribuan kilometer yang telah saya tempuh dengan sepeda motor ini, saya mendapatkan banyak pengalaman saat menunggangi kuda besi ini. Mari kita mulai dengan pengalaman baik atau buruk, tentu tidak tepat jika saya tidak menulis artikel yang satu ini saja. Jadi saya hanya akan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan motor yamaha vega zr ini berdasarkan pengalaman saya mengendarai yamaha vega zr ini selama lima tahun. Sekedar informasi, saya tidak mengganti mesin dari Vega ZR saya, semuanya masih sesuai standar pabrikan, kecuali untuk mengganti ukuran piston (rpm) setelah Big Service di 82000 km.

Sebagai permulaan, mungkin kita harus membicarakan kelemahan Yamaha Vega ZR terlebih dahulu. Dalam 5 tahun mengendarai motor ini, mungkin ini salah satu kelemahan yang saya rasakan dari motor ini. Pemilik Vega ZR lainnya mungkin berbeda, sekali lagi ini adalah pengalaman pribadi

Ini adalah hal pertama yang mengganggu saya. Kopling performa Yamaha Vega ZR mulai dijual kurang dari setahun setelah pembelian. Cone Stir yang Rusak mempengaruhi handling dan terasa menggumpal di setir saat berkendara di jalan yang tidak rata. Saya biasanya mengendarai Vega ZR ini di jalan yang buruk dan hampir semua jalan di Indonesia buruk. Dengan pemikiran ini selama lebih dari 5 tahun, saya telah mengganti kopling Vega ZR 3 kali dan semuanya menggunakan suku cadang asli Yamaha. Meskipun saya menggunakan suku cadang asli, setir mudah diputar, meskipun sering kencang. Kemudian kembali dan berakhir.

Baca Juga:   Berapa Hari Telur Ayam Menetas

Saat ditelusuri, ternyata hampir semua motor Yamaha mengalami masalah yang sama, bagian stang kopling paling mudah rusak. Bisa jadi karena suspensi depan yamaha kaku, karena saat ditipu dengan mengurangi jumlah oli di shock depan dan membuat shock sedikit lebih lembut, konektor lancip saya lebih tahan lama dan shock depan tidak terasa lagi. . berubah. sedikit lembut.

Upgrade Pengapian Motor Dengan Busi Ngk Platinum G Power

Poin lain yang saya rasa menjadi titik lemah dari Vega ZR adalah rantai dari pabrikan yang mudah kendor. Saya merasakan ini terutama pertama kali saya menggunakannya.

Beberapa hari yang lalu, rantainya lepas dan perlu dikencangkan. Akhirnya, bagian ini membentang meskipun perangkat masih dalam kondisi baik. Tadinya saya mau potong, tapi takut rantainya putus di jalan, saya ganti semua bagian rantainya dengan merek lain. Gear set Alhamdulilah merk lain lebih awet dan kuat, tidak mudah pecah. Yang mengejutkan adalah kualitas Rantai Asli Yamaha Vega ZR tidak bagus atau mudah lepas.

Saya yakin banyak pengguna Vega ZR merasakan hal yang sama. Kopling Yamaha Vega ZR menggunakan sistem diafragma yang membuat Vega ZR terasa kurang lancip, kurang mengayuh. Kopling tampaknya tidak mampu memberikan tenaga yang signifikan dari mesin. Akibatnya, penariknya berat dan lambat, terutama dalam penggunaan kelas atas, saat berkendara, dan saat melintasi tanjakan yang curam. Yamaha Vega ZR ini rasanya bakal kalah di tanjakan karena gripnya kurang kuat.

Cara Menambah Tenaga Motor Vega Zr

Ini juga pengalaman saya selama ini, grip Vega ZR sering hilang saat start dan macet karena kopling rusak. Karena itulah, banyak pengendara Vega ZR yang kesulitan mengganti kopling otomatis dengan kopling manual agar drag lebih mulus. Tetapi saya tidak berargumen bahwa sepeda motor yang dirancang dan dibuat untuk kopling otomatis tidak akan dapat memenuhi kondisi yang sama seperti sepeda motor kopling manual meskipun dipasang dan disetel dengan cara apa pun. Tentu keadaannya tidak akan sesempurna dan tahan lama seperti sepeda motor yang sejak awal sudah menggunakan kopling. Jadi saya dapat mengatakan bahwa masalah kopling yang lemah adalah titik lemah dari Vega ZR.

Baca Juga:   Ciri Ciri Merpati Balap Tinggian

Modifikasi Motor Vega Zr Biar Kencang Terlengkap

Itu saja yang saya tahu setelah Yamaha Vega ZR harus turun mesin lima tahun lalu. Saya kaget karena situasi perawatannya terasa paling baik, ganti oli setiap bulan dan tidak lebih dari 2000 km, tetapi saya menemukan bahwa setelah membuka mesin terlebih dahulu, piston dan lubang bor terbakar dan ada goresan. Cincin piston tampak rusak dan menyebabkan banyak cangkang menempel pada kepala piston dan katup.

Menurut mekanik yang saya yakini berpengalaman karena sudah 10 tahun pengalaman dengan banyak sertifikat pelatihan dari berbagai pabrikan motor, dia sering melihat kasus piston Vega ZR terbakar dan bergerak seperti ini, padahal hanya ada 2. tahun dan mesin harus dilepas. Dijelaskannya, kelemahan Vega ZR ada pada putaran mesin piston yang lemah. Ring piston pada Vega ZR, terutama model awal, tahan oli dan dapat masuk ke ruang bakar meski mesin masih baru. Inilah sebabnya mengapa dalam banyak kasus Vega ZR mengalami kehilangan oli dan asap putih keluar dari pipa knalpot secara teratur, meskipun tidak terlalu sering. Dalam kasus seperti ini, ia menyarankan untuk terus memeriksa kondisi oli agar tidak berkurang dan tidak dibiarkan tidak berubah selama lebih dari sebulan. Bahkan ganti oli mesin saya sebulan sekali tidak bertahan 5 tahun (82000 km) apalagi jika ganti oli lebih dari sebulan maka umur mesin bisa kurang dari 5 tahun. Bersiaplah untuk merogoh kocek lebih dari 500 ribu untuk mengembalikan kondisi mesin head unit Vega ZR.

Salah satu keluhan paling umum tentang Vega ZR adalah mesin sulit dihidupkan, terutama saat mesin dingin di pagi hari atau setelah lama tidak dihidupkan. Saya benar-benar mengalaminya. Saya selalu frustrasi ketika menjalankan Vega ZR saya tanpa bekerja meskipun saya sudah melakukan jailbreak, tersedak, reboot berkali-kali dan masih tidak berhasil. Menurut pengalaman saya, kesulitan memulai ini biasanya disebabkan oleh sistem bahan bakar di karburator. Bisa karena karburator kotor, intake manifold bocor, pemasangan karburator yang tidak tepat (sehingga irit), karena terakhir kali kompresor motor saya bocor karena klep terbuka dan ring piston lemah.

Baca Juga:   Cara Menambah Stamina Ayam Aduan

Pengalaman mesin Vega ZR sulit hidup adalah bagian dari artikel yang saya sertakan dalam artikel, Vega ZR Sulit untuk hidup?! Ini mungkin alasannya. Memang hal ini sering dikeluhkan dan diderita oleh para pengguna Vega ZR, namun penyakit tersebut tidak selalu permanen. Terkadang dengan perbaikan yang tepat casing mesin Vega ZR yang tangguh ini bisa hilang

Modifikasi Mesin Bikin Kenceng, Malah Bbm Lebih Irit (stage I)

Setelah mengulas kelemahan Vega ZR menurut pengalaman kami, selanjutnya kami akan mengulas kelebihan dari Yamaha Vega ZR ini.

Secara umum diketahui bahwa sepeda motor irit bahan bakar. Ini juga menjadi kelebihan Vega ZR, motor ini sangat irit bahan bakar. Saya pernah menyaksikan konsumsi sepeda motor Vega ZR mencapai 60 km/liter PERTAMAX saat menempuh perjalanan dari Bandung menuju Singaparna, kab. Tasikmalaya bagi saya seperti pengendara dengan bobot sekitar 50 kg dan jalanan licin.

Secara umum mesin sepeda motor dapat dikatakan irit apabila konsumsi bahan bakarnya tidak kurang dari 50km/liter. Dengan motor kompresi 9.3:1, penggunaan Pertamax akan membuat pengoperasian mesin Vega ZR lebih stabil. Jika memungkinkan, selalu gunakan bahan bakar yang tidak dimurnikan untuk Vega ZR Anda.

Cara Menambah Tenaga Motor Vega Zr

Bagi anda yang sudah familiar dengan sepeda bebek tentunya sudah mengetahui cara merawat sepeda bebek dengan sangat mudah. Hal ini juga menjadi kelebihan dari Vega ZR ini, minimal perawatannya adalah penggantian oli secara berkala dan menjaga kebersihan Vega ZR. Yang tersisa hanyalah menjaga karburator tetap bersih dan dalam kondisi baik. Bagi Anda yang suka mengutak-atik, Anda bisa membersihkan dan merakit ulang tangki bahan bakar Vega ZR sendiri di rumah, yang bisa dikatakan menghemat biaya service Vega ZR.

Deski Jayantoro Blog

Selain perawatan, penggantian komponen juga sangat mudah dilakukan. Kami memahami bahwa alat untuk membongkar sepeda motor ini sudah tersedia. Jadi tinggal ganti rem, ganti oli, dan part lainnya, menurut saya sangat mudah dilakukan. Berbeda sekali dengan motor berteknologi terbaru dengan “Injection System” dimana servicenya harus mengeluarkan biaya yang banyak, namun tidak bisa dilakukan sembarangan.

Sepeda motor Yamaha ini termasuk sepeda motor dengan suku cadang yang mudah didapat karena dapat diganti (ditukar) dengan suku cadang dari pabrikan sepeda motor lain atau sejenis. Selain mudah didapat, harganya pun sangat mahal


Kata Kunci Terkait:

tenaga vega zr, vega zr kuat nanjak