Cara Memelihara Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Cara Memelihara Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur – Apakah Anda memiliki keinginan untuk memelihara burung puyuh? Untuk memulainya, Anda perlu tahu pakan apa yang lebih baik untuk diberikan kepada burung puyuh agar mereka cepat bertelur!

Ketika mendengar burung puyuh, apa yang pertama kali terlintas di benak Anda? Mungkin banyak yang akan menjawab bahwa telur puyuh terkenal dengan kelezatannya.

Cara Memelihara Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Cara Memelihara Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Dulu, puyuh sering dipelihara untuk diambil daging atau telurnya. Sekarang banyak yang berlomba-lomba dalam kompetisi burung.

Makanan Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi Yang Bagus

Tapi apa pakan terbaik untuk burung puyuh agar mereka mekar dan berkokok? Simak daftar rekomendasinya di bawah ini!

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, burung puyuh harus memperoleh berbagai nutrisi dari makanannya. Makanan yang Anda terima harus mengandung bahan-bahan berikut.

Burung puyuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Semua jenis aktivitas, seperti bernapas, regenerasi sel dan jaringan yang rusak, pencernaan makanan membutuhkan konsumsi karbohidrat.

Jadi, burung puyuh membutuhkan karbohidrat untuk asupan makanannya sehari-hari. Carilah makanan yang tinggi karbohidrat untuk menjaga kesehatan burung puyuh Anda.

Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula Yang Mudah Dipraktikkan

Untuk pembentukan jaringan tubuh, burung puyuh harus rutin mengkonsumsi protein. Contohnya adalah jaringan organ, sel, otot, tulang, saraf, otak, hingga telur yang dihasilkan.

Dalam pemberian pakan ayam puyuh, kandungan protein yang tinggi menjadi prioritas, agar pertumbuhan terjadi lebih cepat dan normal. Untuk puyuh dewasa, protein mempengaruhi bertelur.

Fungsi lemak yang terdapat pada burung ini adalah untuk mengatur metabolisme tubuh dan produksi hormon. Hormon ini akan berperan penting dalam produksi sel telur, terutama pada awal pembentukannya.

Cara Memelihara Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pembuat boiler adalah kekuatan casing yang tidak mencukupi. Untuk menghindarinya, pastikan makanan yang Anda berikan mengandung mineral yang cukup.

Makanan Burung Parkit Agar Sehat Dan Cepat Bertelur

Mungkin Anda bertanya-tanya apa yang dimakan burung puyuh di alam liar? Sekitar 90% dari makanan yang mereka konsumsi terdiri dari tumbuhan.

Sebagian besar dalam bentuk biji-bijian dan sereal, seperti biji millet, biji barley, biji-bijian, dll. Terkadang mereka juga mengonsumsi buah-buahan seperti stroberi atau sayuran yang mengandung serat.

Baca Juga:   Mau Qurban Tapi Belum Aqiqah

Makanan puyuh muda biasanya terdiri dari serangga dan berubah saat dewasa. Contohnya jangkrik, ulat hongkong, rayap.

Seperti burung kicau pada umumnya, anda juga bisa memberi makan puyuh jagung. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya bisa menjadi sumber energi bagi burung.

Cara Ternak Puyuh Petelur Yang Terbukti Produksi Telur Meningkat 90%

Namun, jagung sedikit lebih mahal dibandingkan dengan spesies puyuh elit lainnya dalam daftar ini. Rumah tangga biasanya mencampur jagung dengan produk lain.

Selain itu, ada sorgum yang dikenal sebagai pakan ternak. Kandungan proteinnya lebih tinggi dari jagung, meski makanan jenis ini hanya bisa ditemukan di daerah tertentu.

Selain protein, sorgum juga mengandung xantofil dan zat anti nutrisi yang disebut tanin. Agar protein tidak sulit dicerna, sorgum tidak berwarna harus diberikan, karena kandungan taninnya relatif rendah.

Cara Memelihara Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Pakan pertama yang bisa diberikan pada burung puyuh adalah dedak padi atau sering disebut dedak padi. Bagi yang belum pernah mendengarnya, bekatul merupakan limbah dari pengolahan beras sebelum menjadi beras.

Cara Mudah Beternak Puyuh Bagi Pemula (lengkap)

Meski kesannya hanya sisa, bekatul sebenarnya mengandung protein yang bisa menjadi sumber energi bagi burung puyuh. Biasanya, sistem pencernaan burung puyuh akan kesulitan mencerna serat mentah.

Yang harus Anda ingat adalah jangan menyimpan feed ini terlalu lama. Kandungan lemak yang tinggi dapat menimbulkan bau dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Selain dedak padi, ada juga dedak gandum atau dikenal dengan istilah pollard. Pakan ini cocok untuk puyuh petelur karena banyak mengandung lemak, protein dan serat kasar.

Pernahkah Anda mendengar tentang tepung tulang? Jika tidak, maka tepung tulang adalah sisa-sisa tulang hewan yang disembelih. Tulang direbus sampai lunak dan matang, kemudian dikeringkan dan digiling menjadi tepung.

Gak Boleh Salah, Yuk Kenali Cara Merawat Burung Puyuh Petelur

Oleh karena itu, tepung tulang mengandung kalsium dan fosfor, berkat puyuh yang bertelur lebih cepat, dan telur yang dihasilkan lebih kuat.

Pakan alternatif yang dapat diberikan pada burung puyuh adalah singkong atau singkong. Jenis kandungan di dalamnya bisa dibilang sama seperti pada jagung.

Bedanya, singkong tidak terlalu tinggi protein. Juga, cobalah untuk tidak memberikan singkong pahit, karena mengandung glukosida sianogenik, yang tidak baik untuk burung puyuh.

Cara Memelihara Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Jika Anda terlalu malas untuk mencari atau meracik jenis pakan di atas, Anda bisa membeli pelet khusus untuk puyuh yang banyak dijual di pet shop. Komposisi makanannya tidak kalah lengkap dengan makanan alami.

Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh Menjanjikan, Ini Alasannya

Pelet puyuh biasanya dijual dalam jumlah banyak, sehingga tidak cocok jika Anda hanya memiliki beberapa burung kicau di rumah Anda. Pelet lebih cocok jika Anda membiakkan puyuh.

Baca Juga:   Pakan Kenari Agar Cepat Bertelur

Ini adalah beberapa rekomendasi pakan puyuh terbaik yang dapat Anda buat untuk membantu mereka tumbuh dengan cepat dan sehat.

Agar puyuh tetap sehat dan bertelur dengan baik, selain memberikan pakan yang berkualitas, disarankan untuk memberikannya tambahan vitamin.

Adakah rekomendasi makanan lain yang tidak disebutkan PetPi? Atau punya burung lain yang ingin Anda ketahui makanan terbaiknya? Tulis di komentar, ya!

Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur Yang Ideal [miniatur] Ini Dia . . . . . .

Jika Anda menyukai artikel PintarPet, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke seluruh dunia dan ikuti @pintarpet di Instagram untuk mendapatkan update burung terbaru!

Penafian: Informasi ini dikumpulkan dari berbagai sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cedera, kematian, kerusakan atau kehilangan, baik langsung maupun tidak langsung, material atau immaterial, yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat. Burung puyuh merupakan hewan terkecil yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Cara beternak burung puyuh cukup mudah dan burung puyuh bisa diambil baik daging maupun telurnya. Usia bertelur puyuh yang bisa dikatakan sangat muda dengan masa bertelur yang sangat lama menjadikannya populer di kalangan peternak. Usia puyuh mulai bertelur dan waktu bertelur ditentukan oleh banyak faktor. Kapan puyuh mulai bertelur dan berapa hari bertelur?

Biasanya, puyuh dapat bertelur pada usia 40 hingga 45 hari. Setelah itu, burung puyuh akan mengalami masa bertelur. Namun saat burung puyuh mulai bertelur, sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Usia puyuh yang bertelur bisa lebih dari 45 hari, dan puyuh yang siap bertelur bisa lebih dari 45 hari.

Cara Memelihara Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Lalu berapa bulan puyuh bertelur atau berapa lama puyuh bertelur? Masa bertelur puyuh bisa mencapai 13 bulan, bahkan beberapa peternak memeliharanya hingga 1,5 tahun. Lamanya masa bertelur puyuh ini juga dipengaruhi oleh banyak hal, yang akan kita bahas dalam kasus ini. Nah, kita akan membahas cara beternak burung puyuh untuk bertelur pada umur 40 hari dan memelihara burung puyuh dalam jangka waktu yang lama.

Teknik Budidaya Unggas Petelur (burung Puyuh) By Novryanto Ramadani Kelas 12 Ips 1

Pakan merupakan aktor penting dalam perkembangbiakan puyuh. Biaya ransum mencapai 70-80% dari total biaya produksi. Kandungan zat gizi dalam ransum harus memenuhi kebutuhan hidup dasar, pertumbuhan dan produktivitas ternak. Nutrisi yang paling berpengaruh dalam diet adalah kandungan energi dan protein.

Puyuh akan mengalami keterlambatan pubertas atau kedewasaan jika pola makannya kurang nutrisi yang sehat. Puyuh harus menerima nutrisi yang diperlukan setiap saat. Periode pemeliharaan puyuh dibagi menjadi periode awal, vegetatif dan bertelur.

Kandungan energi pakan puyuh yang direkomendasikan oleh National Research Council (1994) adalah 2900 kkal/kg. Jumlah energi yang tinggi dalam pakan dapat menyebabkan stres panas sebagai akibat dari proses metabolisme dan dapat menyebabkan kinerja ternak yang lebih rendah dari optimal. Upaya yang dapat dilakukan adalah mengatur tingkat energi makanan dan menambahkan suplemen gizi.

Baca Juga:   Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin

Usia telur puyuh ditentukan oleh saat puyuh menjadi ringan. Masa bertelur burung puyuh juga akan sangat dipengaruhi oleh cahaya dari awal berkembang biak. Terlalu banyak cahaya di awal pertumbuhan menyebabkan puyuh siap bertelur. Namun, ini tidak baik karena puyuh matang terlalu dini. Sedangkan jika kekurangan cahaya akan menyebabkan puyuh terlambat dewasa.

Grand Parent Stock Dan Persilangan Untuk Pembibitan Burung Puyuh

Ada banyak faktor lain yang mempengaruhi umur bertelur burung puyuh dan lamanya masa bertelur. Di bawah ini adalah kutipan dari artikel tentang cara beternak burung puyuh.

Cara memelihara burung puyuh, jika kecernaan nutrisinya tinggi, energi metabolisme dalam ransum digunakan lebih efisien. Penggunaan energi yang baik dapat meningkatkan produktivitas puyuh.

Puyuh adalah unggas kecil yang dipelihara sebagai ayam petelur dan ayam pedaging. Puyuh Coturnix coturnix japonica yang berasal dari Jepang banyak dikembangbiakkan di Indonesia (Hartono, 2004). Keunggulan ayam petelur untuk memelihara puyuh dibandingkan dengan ayam petelur lainnya adalah puyuh lebih cepat bertelur pada umur 35-42 hari. Harga telur puyuh yang lebih stabil dengan sistem pemeliharaan yang mudah dan sederhana menjadi alasan para peternak untuk memelihara puyuh petelur (Listyowati dan Roospitasari, 2000).

Cara Memelihara Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Ukuran tubuh burung puyuh betina lebih besar dari pada burung puyuh jantan. Puyuh jantan memiliki berat badan kurang lebih 100-140 gram, sedangkan betina memiliki berat badan kurang lebih 120-160 gram (Anggorodi, 1995). Burung puyuh jantan memiliki suara yang nyaring dengan ciri khas bulu dada berwarna coklat muda. Burung puyuh betina memiliki bintik-bintik coklat di dadanya dengan suara yang lebih berat. Produktivitas telur puyuh per tahun adalah 250-300 butir (Nugroho, Mayun, 1986).

Tips Jitu Cara Mudah Ternak Kenari Koloni Agar Hasil Maksimal Dan Menguntungkan

Ransum diberikan kepada ternak untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok, pertumbuhan dan produktivitas. Pemberian ransum disesuaikan dengan umur dan bobot badan burung puyuh agar lebih efektif (Anggorodi, 1995). Pembibitan puyuh dibagi menjadi dua fase, yaitu fase pertumbuhan dan fase produksi. Fase pertumbuhan dibagi menjadi dua fase, yaitu fase awal (0-3 minggu) dan fase pertumbuhan pada umur 3-5 minggu (Djulardi et al., 2006).

Kandungan nutrisi pakan yang harus dipenuhi untuk menunjang pertumbuhan dan performa puyuh adalah energi metabolisme. Puyuh pada fase awal membutuhkan energi hingga 2900 kkal/kg. Energi burung puyuh umur 3-5 minggu harus 2600 kkal/kg (Listyowati dan Roospitasari, 2000). Kebutuhan energi burung puyuh pada fase produksi (lebih dari 5 minggu) adalah 2700 kkal/kg (Standar Nasional Indonesia, 2006). Jika energi yang diberikan lebih sedikit, burung puyuh akan mengkonsumsi lebih banyak pakan, sehingga memenuhi kebutuhan energinya (Wahju, 2004).

Aditif pakan adalah bahan yang ditambahkan ke