Cara Membedakan Channa Stewartii Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Channa Stewartii Jantan Dan Betina – 20 April 2021 14:48 20 April 2021 14:48 Diperbarui: 20 April 2021 17:31 12943 4 0

Minat memelihara dan membudidayakan ikan channa atau yang kita kenal dengan ikan gabus sangat pesat di masa wabah Covid-19. Hal ini meningkatkan jumlah penjual channa dan membuat harga jual ikan semakin tinggi. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membudidayakan ikan channa? Atau setidaknya ingin membeli dan memelihara ikan? Baiklah langsung saja, kali ini saya akan menulis tentang budidaya ikan channa, perawatan, jenis nutrisi dan banyak jenis ikan.

Cara Membedakan Channa Stewartii Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Channa Stewartii Jantan Dan Betina

Channa adalah nama keluarga dari ikan gabus. Kedengarannya seperti nama ikan yang sering dijadikan santapan bagi sebagian orang, namun disini yang akan saya bahas adalah jenis ikan gabus hias atau channa hias. Kata channa mengacu pada nama ilmiah dari keluarga Channidae. Seperti ikan karnivora lainnya, ikan channa juga bersifat teritorial dan akan menyerang sesama jenis yang memasuki wilayahnya. Oleh karena itu, ikan channa biasanya dipelihara sendiri di akuarium yang sama atau jika diternakkan, beberapa ikan channa akan ditempatkan di akuarium yang sama. Diringkas dari berbagai sumber, channavis disebut juga kaisar berkepala ular karena bentuk kepalanya yang menyerupai ular. Jadi, awalnya ikan Channa terlihat seperti kepala ular.

Jenis Ikan Channa Termahal Yang Harganya Fantastis

Saat ini, ikan gabus atau channa adalah jenis ikan lain yang saat ini atau terus diburu di kalangan pecinta ikan. Tidak hanya memiliki penampilan, warna dan tingkah laku yang cantik dan menarik, namun ikan yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikannya sebagai ikan primadona yang sangat populer di kalangan pecinta ikan karnivora. Bahkan, yang menyukai ikan ini tidak hanya orang dewasa saja, namun para remaja dan anak kecil pun ingin memeliharanya. Kini ikan channa banyak diburu oleh para pecinta ikan hias di berbagai daerah di Indonesia.

Kali ini saya pergi ke salah satu teman saya, yang memiliki peternakan ikan bernama channa. Tepatnya Desa Mlangi RT 07 RW 033, Kecamatan Gamping, Sleman. Teman saya memberi makan dan memelihara ikannya. Namanya M. Irfan Hidayat atau akrab disapa irfan, remaja berusia sekitar 22 tahun yang merupakan pemilik sekaligus orang pertama yang membudidayakan ikan channa di desa ini.

Saat memberi makan ikan, saya bertanya bagaimana saya memulai bisnis ini dan terkejut ketika Irfan mengatakan “Saya awalnya tertarik untuk memelihara ikan dan untuk bersenang-senang”. Setelah itu dia bercerita tentang bisnisnya. Dia mengatakan bisnisnya dimulai sebagai iseng-iseng dan dia juga memiliki hasrat untuk memelihara ikan karnivora. “Ikan buruan pertama saya adalah ikan mas pikoko tenggeran, tapi saya memeliharanya sebagai hobi,” kata Irfan.

Baca Juga:   Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh

Namun disini saya akan membahas dari sisi pertama budidaya channa, Irfan bercerita bahwa dulu dia hanya senang memelihara ikan hias channa untuk kesenangannya sendiri. Karena baginya, menyukai ikan atau hal yang disukainya itu seperti mengisi waktu untuk bersantai dan refreshing saat lelah bekerja.

Ikan Gabus: Ciri Ciri, Cara Budidaya, 42 Jenis Channa Beserta Gambar

Ia tidak berkurang, pekerjaan utamanya adalah pegawai di PT Acset Indonusa.Tbk. kembali ke topik, ikan channa pertamanya dan ikan mode pertamanya adalah ikan pulcra channa biru dengan tanda biru dan bintik-bintik kuning di tubuhnya. Dia hanya memiliki satu ikan saat itu karena uangnya cukup untuk membeli satu ikan channa pulcra.

Singkat cerita, Irfan membeli lagi ikan sejenis, Channa Blue Pulcra dari salah satu temannya. Setelah itu ia mencoba melihat apakah kedua ikan ini dibuat dalam satu akuarium. Alangkah baiknya jika kedua ikan predator itu bersama-sama di akuarium dan tidak berkelahi. Dia melakukan ini tanpa terlebih dahulu menyelidiki apakah ikan itu jantan dan betina atau dua jantan atau dua betina. Ia ingin mencampurkan kedua ikan itu karena itu lagi-lagi cobaan atau ujian. Jika tidak ada hasil, maka mereka dipisahkan, tetapi jika hasilnya berbuah atau berkelahi, mereka tidak berpisah. Kata ini tidak hilang dalam ujiannya kali ini. Dan kebetulan kedua ikan itu tidak berkelahi.

Suatu hari dia menjelaskan bahwa ketika dia akan memberi makan ikannya dengan ikan laut atau ikan sungai kecil, dia melihat sesuatu yang aneh di akuarium, bahwa ada ikan kecil seperti ikan laut, tetapi kedua ikannya tidak memakannya. . , karena pada dasarnya ikan channa adalah ikan predator. Kemudian, karena penasaran, dia terus mencari ikan channa goreng di google. Ternyata benar ikan kecil yang dikira ikan cerefish adalah ikan channa blue pulcra. Entah bagaimana sepertinya dalam eksperimen dan kesenangan atau bisa dibilang tidak sengaja, Irfan salah menaruhkan dua ikan channa yang berbeda jenis kelamin dan berhasil membudidayakan ikan hias channa.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Kucing Muntah Mencret Dan Tidak Mau Makan

Cara Membedakan Channa Stewartii Jantan Dan Betina

Karena kurangnya pengalaman dan tidak ada yang tahu saat itu, hanya 13 anak ayam channa yang selamat. Saat itu harga satu pohon Channa Blue Pulcra ukuran 5-6 cm adalah Rp. 25.000 dan Irfan menjual 13 ekor anak anjingnya. Setiap tiga minggu sekali, peternak Channa Blue Pulcra melahirkan ratusan ekor, rata-rata 200-300 ekor. Dan dari pengalaman kemarin, dia berhasil menjaga semua anak anjing tetap hidup. Dari situ ia melihat peluang bisnis dalam budidaya ikan channa.

Penyebab Ikan Channa Loncat Dari Akuarium & Cara Mencegah

Dari situ, Irfan mencoba berhenti dari pekerjaannya dan fokus pada budidaya ikan. Setelah beberapa saat bisnis ini berkembang dengan baik dari hari ke hari. Irfan mengatakan dalam usahanya kini memiliki berbagai jenis pembenihan ikan antara lain channa Red Plucra, channa Blue Pulcra, channa Asiatica, Channa Andrao dan channa Bleheri. Lambat laun, harga beberapa ikan goreng naik dan yang lainnya turun. (Foto beberapa ikan channa

Saya kemudian bertanya “Yang pengobatan kakak? Susah atau mudah?”. “Merawat ikan channa saya sangat mudah,” kata Irfan. “Ini karena Channa adalah ikan yang tidak mudah mati dan bisa dibilang ikan yang kuat,” tambah Irfan. Kuat disini adalah kuat dalam arti dapat menahan suhu dingin dan air yang sedikit keruh. Irfan menjelaskan, merawat ikannya sangat mudah, yakni airnya selalu bersih. Untuk anak ayam, air biasanya diambil setiap tiga hari, sedangkan indukan biasanya diambil sebulan sekali.

Jadi, dengan makanan ikan sangat mudah ditemukan di pasaran atau bahkan ada yang bisa ditemukan di alam. Untuk anakan channa, Irfan menjelaskan anakan diberi pakan dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari, sedangkan untuk indukan diberi pakan satu kali sehari yaitu pada malam hari. Untuk anak ayam jenis makanan yang biasa saya berikan adalah ulat sutera dan kutu air, sedangkan untuk channa bread stick ada berbagai jenis makanan seperti ulat merah, udang, ikan kecil, jangkrik hingga kodok kecil,” jelas Irfan.

Bagi Anda yang mungkin tertarik memelihara ikan Channa, Anda juga bisa membeli ikan Channa Irfan di toko-toko. Dari segi harga, Red Pulcra channa dibanderol mulai Rp – 100.000/ekor, Asiatica channa Rp. – 35.000/ekor.

Habitat Ikan Channa Limbata

Semoga laporan saya dapat menjadi penyemangat atau inspirasi bagi para pembaca. Nilai moral yang bisa kita ambil disini adalah memulai bisnis tidak harus langsung besar, banyak kendala di dalamnya dan hanya kita yang bisa gigih atau terbiasa mempelajari bisnis yang kita geluti. “Kalau mau sukses harus berani keluar dari zona nyaman,” kata Irfan. Karena ia berhenti dari pekerjaannya sebagai perawat dan fokus pada bisnis budidaya ikan hias Channa.

Baca Juga:   Beda Murai Batu Jantan Dan Betina

TAG Berbagi di jurkomuinjogja21 uts jurnalistik channa pertanian gaya hidup ilmu sosiologi ilmu sosial agama di kelas PORTAL MAJALENGKA – Dengan bentuk dan penampilannya yang indah, ikan channa stewartii bisa menjadi jantung pecinta channa khususnya di Indonesia.

Channa stewartii adalah spesies kepala ular asli dari Sungai Brahmaputra di India dan Bangladesh. Keberadaannya di pasar channa merupakan salah satu ikan favorit yang diburu untuk konservasi.

Cara Membedakan Channa Stewartii Jantan Dan Betina

Pemelihara umumnya ingin memelihara ikan channa ini untuk dipelihara sebagai ikan hias peliharaan. Meskipun ada beberapa dari mereka yang mungkin mencoba untuk membiakkannya.

Progress Optimalkan Yellow Spot Ikan Channa Pulcra Ukuran Bawah 10cm, Warna Biru Tetap Stabil

Bagi yang ingin mencoba membudidayakan ikan channa stewartii terlebih dahulu harus mengetahui jenis kelamin dari setiap pasangan yang akan berkembang atau tumbuh.

Untuk mengetahuinya, berikut beberapa ciri yang bisa dijadikan kriteria mudah untuk membedakan kedua jenis pasangan channa ini:

Bentuk kepala ikan stewartii jantan cenderung lebih lebar. Jika diperhatikan lebih dekat, bentuk kepala terlihat seperti huruf U, dengan mulut yang lebih tumpul.

Pada tubuh ikan stewartii jantan kebanyakan memiliki warna gelap dan pola gelap yang tampak lebih tajam dan besar.

Jenis Ikan Gabus, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga Dan Gambar

Dengan warna tubuh ikan channa stewarii betina, jika dilihat lebih dekat, terlihat seperti TV yang cerah. Meskipun warnanya terlihat cerah, warnanya tipis dan pudar.

Jadi kesimpulannya bentuk kepala ikan channa stewartii kusam seperti huruf U, warna badan padat dan tebal.

Area kelamin ikan channa stewartii jantan memiliki dua lubang. Jika dilihat dari kedua lubang tersebut, terlihat adanya celah sekitar 2-5 mm.

Cara Membedakan Channa Stewartii Jantan Dan Betina

Ketika Anda mencoba menggosok bagian bawah ikan, kumbang merah kecil, air mani cair biasanya keluar sebagai air mani.

Top 8 Channa Maru Ys 20 Cm Murah Terbaik 2022

Sedangkan anal channa stewartii betina memiliki dua lubang yang berdekatan dan jarak antara kedua lubang tersebut dekat dengan sirip bawah (anal fin).

Jika perut berusaha dibersihkan, maka akan dilakukan dari lubang besar di daerah anus