Berapa Lama Pohon Durian Tumbuh

Berapa Lama Pohon Durian Tumbuh – Durian merupakan salah satu buah musiman yang selalu ditunggu-tunggu panennya. Buah ini memiliki aroma yang khas dan kuat, rasanya yang lezat dan dagingnya yang halal bagi pecintanya. Di sisi lain, mereka yang tidak menyukai durian akan memiliki pendapat sebaliknya, terutama karena mereka membenci baunya. Pecinta durian suka berburu durian karena buah berduri ini memiliki banyak varietas. Jenis durian mana yang menjadi favorit Anda? Ada beberapa jenis yaitu durian musangking, durian bawor, durian petruk dan yang paling populer adalah durian montong.

Tanaman buah durian memiliki peluang bisnis yang baik sejauh ini bersifat menahun. Kenapa dia? Karena harga buah durian tinggi dan persediaan buah di pasar atau di toko buah masih kurang. Bagi Anda yang suka bercocok tanam dan memiliki lahan tanam yang luas, maka buah ini tidak boleh Anda lewatkan untuk ditanam dan diperbanyak untuk bisnis.

Berapa Lama Pohon Durian Tumbuh

Berapa Lama Pohon Durian Tumbuh

Sebelum memulai menanam, Anda perlu memahami kriteria menanam buah durian yaitu ketinggian tempat, iklim, dan tanah. Durian cocok ditanam di tempat dengan ketinggian 100 hingga 500 m di atas permukaan laut. Durian yang ditanam di dataran tinggi akan menurunkan kualitasnya.

Budidaya Durian Montong

Durian dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis lembab dengan curah hujan lebih dari 2000 mm per tahun dan merata sepanjang tahun dengan durasi basah 9 hingga 10 bulan per tahun, sehingga hanya 1 hingga 2 bulan yang kering sebelum berbunga. Untuk intensitas cahaya sekitar 40 sampai 50% dengan suhu antara 22 dan 30ÂșC setiap hari.

Durian akan tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki pH 5 sampai 7 dengan kisaran optimum pada pH 6 sampai 6,5. Kondisi air tanah harus baik dengan kedalaman air tanah antara 50 dan 150 cm atau 150 hingga 200 cm. Kondisi drainase harus sesuai karena akar durian sangat mudah busuk jika terendam air. Sedangkan jenis tanah yang baik untuk durian adalah grumosol dan andosol karena jenis tanah tersebut subur dan kaya akan kandungan bahan organik.

Bibit buah durian bisa dipilih dari hasil yang dihasilkan. Anda harus memilih benih terbaik yang benihnya berasal dari buah matang di pohon. Setelah itu pilihlah biji yang lebih bulat dan besar. Menabur benih dalam polybag ukuran 1 liter.

Baca Juga:   Sembuh Dari Gerd Dengan Kunyit

Siram tanaman ini secara rutin hingga setengah tahun agar tanaman siap ditanam. Bibit tanaman durian juga dapat diperoleh dari hasil vegetatif yaitu perbanyakan biji dengan cara okulasi.

Daud Suwarno, Mengabdikan Diri Untuk Perkebunan Durian

Lahan yang akan digunakan untuk bercocok tanam dibersihkan terlebih dahulu dari banyak kotoran seperti rumput, sisa-sisa pemotongan, tanaman liar.

Setelah tanah dibersihkan dari kotoran, maka Anda bisa mencangkul untuk membuat tanah gembur. Di sekitar lahan tempat Anda menanam durian, sebaiknya dibuat saluran drainase untuk mencegah genangan air. Pengelolaan lahan sebaiknya dilakukan sebelum musim hujan tiba.

Jarak antar tanaman durian sebaiknya antara 10 x 10 meter atau juga sekitar 12 x 12 meter. Ukuran lubang tanam untuk tanaman durian adalah panjang 80 cm, lebar 80 cm dan tinggi 70 cm atau disesuaikan dengan jenis dan kondisi tanah.

Berapa Lama Pohon Durian Tumbuh

Tanah lapisan atas digali sekitar 20 cm, kemudian bagian bawah tambang dipisahkan dan dibiarkan selama 2 sampai 3 minggu. Lubang tanam ditutup kembali dengan tanah galian pertama kali masuk dengan campuran kompos/pupuk kandang kurang lebih 30kg per lubang.

Jenis Durian Cepat Berbuah Terpopuler Dan Banyak Digemari

Saat menanam di musim hujan, sebaiknya dilakukan pada sore hari agar bibit yang ditanam tidak terkena sinar matahari langsung. Bibit biasanya ditanam sekitar 5 cm di atas pangkal batang, kemudian diikat ke batang/bambu agar tanaman tumbuh lurus.

Bibit yang baru ditanam harus ditutup dengan naungan untuk menghindari hujan lebat dan sengatan matahari. Penutup tanaman sebagai tempat berteduh dapat dilepas setelah 3-5 bulan saat tanaman mulai tua. Sebaiknya tanah di sekitar tanaman juga ditumbuhi rumput/jerami agar kelembapan tanah stabil.

Pemangkasan akar dapat menghambat pertumbuhan vegetatif tanaman selama 1 musim. Selama waktu ini, tanaman tidak boleh dipangkas. Pemangkasan akar dapat membuat tanaman cepat berbuah dan meningkatkan kualitas buah sehingga buah lebih kuat dan tahan lama.

Waktu terbaik untuk memotong akar adalah saat tanaman mulai berbunga. Kali ini paling lambat 2 minggu setelah berbunga. Jika pemangkasan di atas garis, tanaman durian harus dipotong-potong sedalam 60 hingga 90 cm dan terpisah 1,5 hingga 2 meter jika terjadi penurunan hasil dan pertumbuhan terhambat. Akar potong berada di kedua sisi pangkal batang.

Punya Banyak Manfaat Kesehatan, Ternyata Begini Cara Budidaya Durian

Pemangkasan bentuk pohon juga harus dilakukan dengan teknik tertentu, yaitu menjaga batang utama, memotong kemungkinan cabang primer yang tidak baik, seperti cabang yang sangat panjang, pertumbuhan tidak normal, terserang hama dan penyakit, dan cabang primer ditempatkan pada jarak sekitar 40-60 cm. untuk tidak terlalu dekat.

Baca Juga:   Murai Trotol Jantan Dan Betina

Pertumbuhan cabang cenderung mendatar atau membentuk sudut 90 derajat dengan batang utama. Ikat ujung cabang dengan tali pemberat. Tunas liar juga harus dipangkas dengan menyisakan 1-2 cm dari pangkal cabang. Usahakan agar ketinggian pohon sekitar 4 m dari permukaan tanah, sedangkan cabang yang paling rendah adalah 0,7 cm sampai 1 meter dari tanah. Terakhir, oleskan pestisida pada area yang dipotong.

Pemangkasan dilakukan dalam kondisi berikut. Tanaman mulai berproduksi terlebih dahulu. Pangkas dahan dan dahan bersudut kecil serta dahan yang terserang hama dan penyakit. Memangkas cabang pada cabang produktif dengan menyisakan 1/3 ujungnya.

Berapa Lama Pohon Durian Tumbuh

Pangkas tunas liar yang tumbuh di luar. Pangkas cabang dan ranting yang terlalu sempit, bersilangan atau tersembunyi. Potong kembali cabang dan ranting yang lemah serta mahkota atas yang jatuh 1 segmen di bagian bawah pohon birch. Pangkas cabang dan ranting yang tumbuh ke dalam kanopi atau di bawahnya. Anda harus menjaga ketinggian pohon durian pada ketinggian optimal 3-4 meter atau 5-6 meter dan menerapkan pestisida pada bagian yang dipangkas.

Jual Bibit Durian Bawor Kaki Tiga 082332224620

Penyerbukan buatan dilakukan dengan mengumpulkan serbuk sari dalam kantong plastik. Kemudian kocok bunga atau cat dengan sikat lembut. Lakukan pemupukan buatan ini sebaiknya pada malam hari sekitar pukul 19.00-21.00. Caranya adalah dengan mengoleskan serbuk sari pada kepala putik menggunakan sikat yang lembut.

Untuk mencegah kematian durian, maka perlu meninggalkan waktu berbuah agar tidak menghabiskan energinya dalam proses pembuahan. Jarak waktu berbuah mempengaruhi kelangsungan hidup, rasa buah, ukuran buah, dan frekuensi pemupukan setiap tahun. Proses penjarangan ini dilakukan secara bersama-sama pada saat terjadi proses berhentinya bunga. Setelah musim gugur, Anda harus segera mengatur waktu buah, tidak boleh ditunda.

Tahap pemisahan mekanis dilakukan ketika buah berukuran sebesar bola tenis. Sisakan 1 sampai 2 buah dengan bentuk normal, bebas hama dan penyakit, serta buah tidak saling menempel karena jarak antar kuncup pada cabang 20-30 cm.

Penjara kimia adalah penyemprotan beberapa hormon, seperti Auksin A, ketika bunga atau telur berumur satu bulan. Pada saat itu beberapa bunga telah terbuka dan dibuahi. Bunga yang telah dibuahi akan terus membuahi sendiri ketika hormon disemprotkan, dan yang belum sempat membuahi akan mati dengan sendirinya.

Sambung Samping Tanaman Durian

Gejala pada tanaman yang terserang buah adalah buah yang terserang rontok sebelum matang. Cara mengatasinya adalah dengan teknik kultur dengan membungkus buah-buahan pilihan lebih awal atau pengasapan di bawah pohon pada sore hari untuk memusnahkan imago. Sedangkan kultur mekanis adalah memanen buah yang terserang hama dan jatuh untuk dikubur. Secara biologis menggunakan semut yang dipukul atau musuh alami lainnya yaitu lalat Tachinidea (Argyroplax basifulfa), Ventura dan sp untuk mengusir imago. Tahapan penting dalam cara budidaya durian.

Baca Juga:   Artis Korea Yang Pernah Ke Indonesia

Pemanenan dilakukan saat buah sudah tua dan memiliki aroma yang khas atau ada buah yang gugur karena sudah tua dan matang. Anda sudah bisa menikmati hasil jerih payah Anda dalam memanen dan Anda juga bisa menjualnya jika panennya melimpah.

Anda juga harus memperhatikan fase pemeliharaan tanaman durian agar tubuh sehat dan berbuah banyak. Di bawah ini adalah langkah-langkah perawatan yang harus dilakukan.

Berapa Lama Pohon Durian Tumbuh

Pada dasarnya cara menanam durian di atas bisa dengan mudah dipasarkan. Budidaya durian juga bisa menjadi bisnis baru bagi Anda karena peminat durian di Indonesia sangat banyak. Kemudian, semoga artikel tentang cara menanam durian ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Durian duri hitam atau dikenal juga dengan nama durian ochee merupakan varietas durian unggulan yang sangat populer di Malaysia. Sesuai dengan namanya, durian ini memiliki ciri khas seperti memiliki warna hitam pada ujung durinya. dan tidak terlalu tajam. Durian blackthorn sangat populer karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak. Bahkan, banyak pecinta durian yang menganggap durian duri hitam lebih enak dari durian musangking.

Cara Stek Pohon Durian Berkaki Tiga

Durian hitam berduri ini sangat mudah dibudidayakan karena mampu beradaptasi dengan lokasi yang berbeda baik di dataran rendah maupun dataran tengah. Bahkan, dapat menahan cuaca kering.

Durian jenis ini juga tergolong awal atau mudah berbuah. Dengan perawatan yang baik, durian duri hitam yang ditanam dari okulasi atau okulasi bibit akan berbuah pada umur 3-4 tahun setelah tanam. Waktu panennya lebih cepat dibandingkan durian jenis lain yang bisa dipanen saat berumur 5-6 tahun setelah tanam.

Meski berasal dari Malaysia, durian duri hitam ini juga bisa ditanam di Indonesia dengan pertumbuhan yang baik dan optimal. Untuk mengetahui cara menanam durian duri hitam yang baik dan benar, berikut kami ulas penjelasan lengkapnya.

Untuk menunjang keberhasilan budidayanya, pilihlah benih durian blackthorn yang berkualitas unggul, sehat, tumbuh dengan baik dan bebas hama penyakit.

Durian Cebol Rembang, 3 Meter Sudah Berbuah

Pilihlah bibit dari perbanyakan vegetatif seperti sambung pucuk, sambung pucuk, sambung pucuk dan lain sebagainya agar tanaman durian cepat berbuah karena jika menanam bibit dari perbanyakan generatif atau dari biji, waktu berbuah cukup lama.

Bibit tanaman durian saat ini sangat mudah didapatkan di toko bibit tanaman setempat, atau toko pertanian online seperti SentraTani.com.

Buat lubang tanam untuk menanam bibit durian blackthorn ini dengan panjang 50 cm, lebar 50 cm dan dalam.

Berapa Lama Pohon Durian Tumbuh