Aturan Lomba Balap Burung Merpati Kolong

Aturan Lomba Balap Burung Merpati Kolong

Tidak sedikit orang yang menyukai burung, baik itu untuk dipelihara maupun sengaja untuk budidaya burung merpati. Kebanyakan orang memelihara burung karena bentuknya yang indah atau mungkin karena suaranya.

Tenyata burung peliharaan tidak hanya untuk didengar suaranya saja atau hanya melihat keindahan bentuknya, namun ada juga burung yang bisa dilombakan seperti burung merpati. Burung merpati dikenal dengan burung yang jinak dan membuat si pemilik bisa melatihnya menjadi sesuatu yang diinginkan.

Lomba Balap Burung Merpati

Permainan merpati yang dilombakan dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu merpati balap dasar dan merpati balap tinggian. Pada lomba merpati balap dasar biasanya yang dilombakan yaitu kecepatan burung setelah dilepas dari jarak 500-1000 meter untuk bisa sampai ke joki dan untuk burung terbang rendah paling tinggi rata-rata tidak lebih dari 10 meter.

Sedangkan untuk lomba merpati balap tinggian yaitu burung merpati terbang tinggi kemudian setelah sampi di atas joki burung digeber bersama dan yang menang adalah burung yang pertama kali sampai di tanah daerah joki.

Merpati balap tinggian dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu:

1. Merpati Tomprang

Merpati yang dilombakan dengan pelepasan pada jarak 3-5 meter, kemudian burung terbang tinggi menuju posisi joki. Setelah sampai diatas joki barulah digeber bersama dan yang menang yaitu burung yang lebih dulu menyentuh tanah joki.

2. Merpati Kentongan

Berbeda dengan merpati tomprang, disini tidak ada joki yang geber. Setelah burung dilepas untuk sampai dulu ke kandangnya akan diiringi dengan bunyi kentongan dari masing-masing joki.

Baca Juga:   Cara Memilih Merpati Kolong Meja Kualitas Juara

3. Merpati Kolongan

Lomba ini adalah permainan merpati yang banyak diminati masyarakat. Cara beraminnya yaitu deibuat sebuah tempat bermain dengan mendirikan empat tiang dan diatasnya dipasang tali keliling dengan dihiasi kain berwarna merah yang membentang, dibawahnya dbiat tempat untuk joki menggeber burung.

Aturan Lomba Balap Burung Merpati Kolong

Dalam permainan ini kecepatan dan ketangkasan burung yang dilombakan. Dimana burung harus masuk kotak kolong dan turun di tanah yang sudah ditentukan. Jika burung tidak masuk melalui kotak yang sudah dibuat atau turun diluar tanah yang sudah ditentukan, maka burung tersebut dianggap kalah.

Biasanya jarak lepasnya rata-rata 1 kilometer menyesuaikan dengan lokasi yang ada. Burung yang datang dulu menyentuk tanah dan masuk kolong atas ditetapkan sebagai pemenang.

Dalam setiap lomba merpati kolong, ada cara dan aturan yang ditetapkan untuk dilaksanakan dan dipatuhi bersama diantaranya yaitu:

  • Calon peserta yang mengikuti lomba harus datang 30 menit sebelum lomba dimulai.
  • Calon peserta harus membayar uang pendaftaran.
  • Merpati harus didaftarkan dengan mengisi formulir seperti nama merpati, warna dan jenis merpati, nama tim dan joki geber.
  • Tenggang waktu sebelum lomba dimulai bisa digunakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk burung merpati yang akan dilombakan.
  • Peserta akan dianggap gugur jika sudah mendaftarkan merpatinya namun terlambat atau tidak hadir meskipun panitia sudah memberikan perhatian dengan memanggil namanya.
  • Kemudian akan dilakukan pemilihan undian untuk terbang, dimana setiap kali terbang terdiri dari dua burung secara bergantian dari babak penyisihan sampai babak final.
  • Burung dalam satu tim atau satu joki tidak akan dipertemukan dalam duel selagi masih ada lain dari tim lain.
  • Jika terjadi kondisi burung dalam satu tim jumlahnya melebihi lawan dan ganjil, maka tim tersebut berhak mendapatkan jokker. Jika berjumlah genap, maka satu tim beda pemilik dan beda joki akan dipertemukan dalam duel, termasuk jika ada jokker.
  • Joki atau penggeber tidak bisa diganti atau diwakilkan tanpa seijin panitia lomba, kecuali terjadi kondisi dimana satu joki berjumlah lebih banyak dan menuntut terjadinya duel antar satu tim maka pemilik berhak menunjuk joki pengganti.
  • Burung akan diterbangkan dari start yang berjarak sekitar 1 km dari tempat joki. Setelah sampai di atas kolong, wasit akan meniup peluit yang artinya joki sudah mulai geber.
  • Joki menggeber dengan aturan geberan pertama harus diatas bahu dan tidak boleh sengaja untuk mematikan burung lawan.
  • Untuk burung yang pertama kali mendarat di kotak bawah dengan melewati kolong atas akan dinyatakann sebagai pemenang.
  • Burung yang tidak terpantau oleh wasit baik satu atau keduanya, entah itu yang datang duluan atau belakangan maka keduanya dianggap lolos ke babak berikutnya.
  • Diberikan 2 kali kesempatan bagi merpati finalis. Jika dalam 2 kali kesempatan ini merpati finalis tidak ada yang masuk kolong, maka dinyatakan juara bersama dan mendapatkan hadiah 90% dari nilai yang telah ditetapkan.
  • Apabila joki merasa tidak puas dengan hasil keputusan wasit, maka bisa melakukan protes dengan membayar uang jaminan sesuai dengan aturan yang sudah dibuat oleh panitia. Protes tersebut akan dibukakan hasil rekaman video CCTV yang sudah dipasang di sekitar kolongan.
  • Jika terjadi juara bersama maka ada ptongan sebesar 10% dari total hadiah.
Baca Juga:   Cara Memilih Merpati Balap Berkualitas Untuk Pemula

Itulah beberapa aturan dalam permainan lomba balap burung merpati kolong. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat khususnya bagi pemiliknya. Terimakasih.

Give a Comment