Asal-usul Merpati Balap di Indonesia

merpatipedia.com – Tidak ada keterangan pasti dari daerah mana awal pembentukan ras merpati balap ini. cerita yang mungkin dapat kita rekayasa Asal-usul Merpati Balap adalah bahwa leluhur kita memanfaatkan sifat giring keket merpati, adalah ketika burung jatan berusaha untuk mengejar betina dengan mematukinya menjelang waktu bertelur. Karena merpati memiliki sifat yang cukup jinak, sang jantan akan mengejar betinanya dan hinggap di atas punggungnya walaupun sedang di pegang manusia.

Sejarah dan Asal-usul Merpati Balap di Indonesia

Merpati termasuk spesies yg paling tekenal dalam keluarga Columbidae. Spesies lain yang satu keluarga dengan perkutut, derkuku, puter. Semua merpati dipercaya sebagai keturunan dari merpati batu karang. Lalu dengan proses domestikasi yang lama terbentuklah beragam jenis merpati menurut kegunaannya, seperti merpati hias, merpati balap, merpati kolong, merpati pos dan merpati potong.

Merpati termasuk golongan burung pintar, ini terbukti dengan kejinakan dan kemampuannya mengenali kandang dan daerah sekitarnya dengan cepat. Merpati Balap mempunyai kelebihan yang tidak kalah hebatnya dengan merpati pos, yaitu mampu mengenali pasangan, pemilik atau pelatihnya dari jarak yang cukup jauh. Oleh karena perlakuan yang diberikan manusia berupa latihan terbang rendah, lurus dan harus tepat betina, merpati pun memilikin otot yang lebih kuat, tulang yang lebih ringan, dan bentuk proporsional untuk terbang rendah dan cepat.

 

Ciri-ciri merpati balap :

  • Paruh yang pendek, lurus, kuat dan ujungnya sedikit melengkung menandakan keket atau giringnya bagus
  • Mata jernih dengan biji mata bulat penuh dan kecil menandakan kemampuanya cukup baik untuk melihat dengan jelas dari kejauhan
  • Kepala yang proporsional dan cukup besar menandakan isi otak nya lebih besar (cerdas)
  • Lehernya cukup panjang dan besar tetapi tetap proporsional dapat menjaga posisi terbang terhadap udara.
  • Pundak tegap dan kokoh sebagai tempat menempelnya sayap.
  • Otot sayap yg tebal menandakan kekuatannya mengepak sayapnya maksimal sehingga memperoleh jangkauan yang jauh dalam sekali kepakan.
  • Bulu-bulu sayap rapi, tebal, panjang dan lebar menandakan mampu mencapai jarak yang jau dalam sekali kepak.kaki proporsional dengan jari kecil dan panjang untuk mengarahkan angin kebelakang setelah melewati dada pada saat terbang.
  • Tumpukan bulu pada bokong tebal dan tulang pubis cukup keras sehingga kekompakan otot untuk mencapai kecepatan maksimal
  • Tulang dada sedikit melengkung untuk mengurangi hambatan angin.
  • Bulu ekor rapi dan menumpuk jadi satu sehingga memudahkan gerak terbang.
Baca Juga:   Ciri-Ciri Merpati Balap Jarak Jauh Kualitas Terbaik

Terkadang, ciri-ciri tersebut tidak terdapat seluruhnya pada seekor merpati. Oleh karena itu, peternak perlu melakukan persilangan-persilangan agar kekurangan merpati yang satu dapat ditutupi oleh merpati lainnya. Dengan begitu akan diperoleh merpati yang mendekati sempurna dalam hal postur pada generasi merpati selanjutnya. Merpati jantan dan merpati betina terkadang sulit dibedakan. Namun, secara umum merpati jantan dan betina dapat dibedakan berdasarkan ciriciri berikut.

 

Perbedaan merpati jantan dan betina

Pembeda Jantan Betina
Kepala Lebih Besar Lebih Kecil
Leher Mengembung Lebih ramping
Sudut tubuh Lebih tegak Membungkuk
Jarak tulang pubis Rapat Renggang
Perilaku seksual Mengejar betina yang disuka sambil mengeluarkan suara Pada masa birahi, tubuhnya di tegakan bila di kejar merpati jantan

Demikianlah sejarah dan Asal-usul Merpati Balap di Indonesia, semoga bisa menambah pengetahuan kita dan lebih mengenal merpati sebagai hewan yang  mempunyai kelebihan. Apabila ada seuatu yang kurang jelas silahkan tinggalkan di kolom komentar. kita bersama-sama belajar dan berbagi informasi di website sini. Salam Merpati

Give a Comment