7 Cara Membedakan Merpati Jantan dan Merpati Betina

Cara Membedakan Merpati Jantan dan Merpati Betina

Setiap manusia pastilah memiliki hobi tersendiri, mulai dari berolahraga, bermain musik, membaca bahkan bermain hewan juga bsa dijadikan hobi. Saat ini sudah banyak masyarakat yang mengalihkan keseharian mereka dengan membeli berbagai macam burung sampai mengikuti perlombaan burung ini. Salah satunya yaitu perlombaan untuk burung merpati. Baca juga Asal-usul Merpati Balap di Indonesia di artikel sebelumnya.

Burung merpati adalah burung yang sudah sangat terkenal di Indonesia ini, apalagi di daerah pedesaan yang masih sangat banyak sekali burung merpati ini. Di zaman dahulu kala burung ini sangat berfungsi dimana dulu pada zaman yang masih belum ada transportasi menggunakan burung merpati sebagai gantinya.

Seperti mengirimkan sebuah kabar atau surat menyurat dan burung merpati ini sebagai transportasinya. Namun dengan seiring berjalannya waktu dengan teknologi yang semakin canggih pula membuat burung merpati sudah tidak dipergunakan sebagai alat transportasi lagi.

Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina

1. Dilihat dari bentuk badan

Bentuk badan dari merpati jantan lebih besar dari merpati betina. Merpati jantan badannya lebih tegap, sedangkan betina lebih kecil.

2. Dilihat dari suara

Merpati jantan suaranya lebih besar dari betina. Selain itu suara merpati jantan lebih tebal dan bergema. Sedangkan betina suaranya kecil dan nyaring melengking.

3. Dilihat dari bentuk muka

Bentuk muka dari merpati jantan lebih lebar dari betina yang bentuk wajahnya kecil. Satu lagi bedanya yaitu muka merpati betina lebih pipih.

Baca Juga:   3 Tips Agar Merpati Kolong Juara dalam Lomba

4. Dilihat pada saat terbang

Jika Anda melihat ada dua burung merpati yang terbang bersama, lalu satu burung terbang cepat dan satunya lagi lambat kemungkinan burung itu berbeda kelamin. Cara terbang merpati jantan lebih cepat dari betina.

5. Bisa dilihat dari tingkah laku burung

Anda bisa mengamati tingkah laku dari burung merpati. Jika gerakannya lincah dann agresif bisa dipastikan itu merpatijantan, karena merpati betika gerakannya lebih lambat, kalem, dan pasif.

6. Bisa dilihat di bagian leher

Meskipun terlihat sama, tapi jika dilihat dari dekat leher betina dan jantan itu berbeda karena leher jantan umumnya lebih besar dari betina dan warna bulunya juga lebih indah dan mencolok.

7. Dapat dilihat dari bagian anusnya

Hal ini sering menjadi patokan para pecinta burung merpati. Untuk anus pada merpati jantan terlihat lebih tebal dan kasar, sedangkan untuk anus betina terlihat lebih besar dan halus karena digunakan untuk mengeluarkan serta mengerami telurnya.

Hal tersebut tidak menjadikan merpati sebagai hewan yang tidak berguna lagi, lebih tepatnya merpati ini dijadikan sebagai burung yang diperlombakan atau juga sebagai ternak. Bahkan diluar negeri pun burung merpati ini sering ditemui di taman-taman yang banyak dikunjungi orang.

Jika Anda tertarik untuk memelihara burung merpati ini ada kalanya Anda mengetahui tentang dasar dalam memilih merpati. Sebagai pemula sangat penting mengetahui merpati jenis apa yang akan dipilih, karena hal ini akan sangat mempengaruhi cara merawat burung mepati. Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebagai pemula yaitu bisa membedakan mana burung merpati jantan atau betina yang akan dirawat.

Berikut ciri-ciri yang bisa diperhatikan dalam memilih burung merpati jantan dan betina :

Baca Juga:   Tips Cara Budidaya Burung Merpati Dengan Mudah

Burung Merpati Jantan  :

  • Pada bagian kepala burung merpati ini terlihat lebih besar.
  • Warna bulu yang dimiliki burung merpati jantan pada leher lebih mengkilap.
  • Terlihat pada bagian dada burung merpati ini besar dan jua bidang.
  • Suara merpati jantan ini lebih keras dan juga sering membekur.
  • Burung merpati jantan memiliki paruh yang kecil kemudian ramping.
  • Kemudian leher pada burung terlihat lebar dan besar.

Burung Merpati Betina

  • Bagian kepala tidak bulat tetapi berbentuk panjang seperti kepala tikus dengan mata menjorok kedalam.
  • Bulu pada sayap biasanya rapat dan rapi.
  • Pada saat burung dibentangkan, tidak ada celah dan batang lar yang masuk ke sayap akan terlihat sangat tebal dan bulat.
  • Jika dalam posisi berdiri, maka punggungnya akan kelihatan.
  • Betina memiliki paruh yang tipis, panjang dan ujungnya melengkung ke bawah dengan warna paruh yang sama dengan warna kuku.
  • Saat giring burung betina bisa untuk geber.
  • Geberan akan terlihat hidup saat pinggangnya dipegang. Tidak usah di geber pur, sayap akan membuka seperti saat terbang.
  • Betina bisa kawin diatas dan dibawah. Betina yang seperti ini banyak diburu ole para pemain merpati balap karena geberannya sangat hidup sehingga bisa menambah kecepatan saat terbang dengan pasangannya.
  • Merpati betina sangat agresif dan galak ke merpati lainnya ketikaa berada didalam maupun diluar kandang

Cara membedakan antara merpati jantan dan betina sebenarnya mudah dilakukan terutama yang sudah terbiasa merawat burung merpati. Anda akan mendapatkan banyak manfaat jika Anda bisa membedakan antara merpati jantan dan merpati betina. Misalnya untuk budidaya ternak merpati atau untuk perlombaan merpati.

 

 

Give a Comment