10 Fakta Menarik Tentang Burung Merpati

10 Fakta Menarik Tentang Burung Merpati

Fakta Menarik Burung Merpati – Saat ini burung merpati sudah banyak diminati karena memiliki kemampuan terbang dan daya ingat tinggi. Dengan kemampuan tersebut merpati bisa terbang dan pulang dengan sendirinya meskipun harus melampaui jarak yang cukup jauh. Selain itu kemampuan dari burung merpati ini sangat berguna pada saat perlombaan. Berikut ini saya berikan beberapa fakta menarik tentang burung merpati.

Fakta Menarik Burung Merpati

1. Merpati merupakan Burung Peliharaan Manusia yang Paling Lama

Burung merpati hidup berdampingan dengan manusia sejak ribuan tahun lalu. Hal tersebut dibuktikan oleh pakar arkeolog di Mesopotamia sejak 3000 SM. Pada saat itu merpati yang berwarna putih dianggap sebagai burung suci yang disembah. Namun dalam perkembangannya burung merpati memiliki banyak peran bagi manusia seperti sebagai simbol para dewa, hewan pemeliharaan, sebagai makanan dan pahlawan perang.

2. Kotoran Merpati adalah Pupuk Terbaik di Dunia

Kotoran merpati bisa menjadi pupuk yang ampuh dibandingkan pupuk kandang. Pada masa tertentu, setiap peternakan merpati akan selalu dijaga ketat untuk mencegah pencurian kotorannya. Bahkan pada abad ke-16, kotoran merpati di Inggris dijadikan sebagai salah satu bahan sendawa yang menjadi komoditas ekonomi tinggi.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Vitamin Terbaik Untuk Merpati Lomba Agar Juara

Yang lebih uniknya lagi yaitu masyarakat Iran dilarang mengkonsumsi merpati. Jadi kandang merpati dibangun hanya untuk memperoduksi kotoran yang digunakan sebagai pupuk.

3. Merpati adalah Burung Pengantar Pesan

Sekitar abad ke-5 SM, di Suriah dan Persia burung merpati mulai digunakan sebagai pengantar pesan. Pada saat itu pemanfaatan merpati ini sampai ke Romawi dan sering digunakan untuk membawa hasil pertandingan olahraga besar seperti Olimpiade. Maka dari itu sampai sekarang ritual melepas merpati putih selalu dilakukan pada pembukaan Olimpiade.

4. Merpati Sering Menganggukkan Kepala

Burung merpati memiliki sepasang mata yang berada di sisi kepala sehingga pandangannya lebih monokular. Burung merpati akan mengangguk-anggukkan kepalanya agar penglihatannya lebih jelas. Ketika burung ini berjalan terkadang kepalanya masih berada dibelakang, kemudian burung ini akan mengangkat kepalanya kedepan. Nah hal tersebut yang memungkinkan untuk mendapatkan pandangan yang tajam.

5. Merpati Menjadi Ladang Bisnis

Kebanyakan orang menganggap merpati diluaran sana selalu mengotori lingkungannya. Tapi ternyata itu tidak benar, sebenarnya ada perputaran yang cukup besar dalam dunia merpati.

6. Kebiasaan Burung Merpati Saat Kawin

Burung merpati termasuk burung yang setia dengan pasangannya. Burung ini mampu berkembang biak sebanyak 8 kali setahun dalam kondisi sehat. Jika burung merpati mendapatkan makanan yang bagus dan banyak, maka frekuensi kawinnya lebih tinffi. Nah untuk telur merpati sendiri akan menetas setelah dierami kedua induknya selama 19 hari.

7. Merpati Bisa Pulang Sendiri

Burung merpati bisa pulang karena menghafallkan jalan dengan menggunakan magnet bumi, petunjuk visual seperti matahari dan infrasonik.

8. Burung Merpati Sebagai Penyelamat

Burung merpati lebih cepat melihat korban selamat dari kapal yang tenggelam. Jadi burung merpati dapat melihat ultra violet pad bagian dari spektrum yang tidak bisa dilihat oleh manusia, sehingga burung ini dapat menyelamatkan nyawa manusia.

Baca Juga:   Cara Melatih Merpati Balap Agar Terbang Cepat

9. Burung Yang Pintar

Banyak yang menganggap bahwa burung merpati adalah salah satu burung yang pintar karena burung merpati lolos uji cermin yaitu 1 dari 6 spesies dan merupakan satu-satunya non mamalia yang memiliki kemampuan tersebut. Burung merpati juga bisa mengenali 26 huruf dalam bahasa Inggris dan mampu membuat konsep-konsep baru yaitu dapat mengenali dua manusia yang berbeda dalam sebuah foto.

10. Merpati Membawa Tas Kecil Berisi Obat Terlarang

Pada tahun 2017, pihak Departemen Bea dan Cukai Kuwait berhasil menangkap seekor burung merpati yang membawa tas kecil di punggungnya. Saat tas dibuka, ternyata berisi 178 pil ekstasi yang diduga pil ini berjenis ketamin yang berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit. Burung-burung tersebut tertangkap karena terlihat tidak kuat saat membawa obat-obatan yang lumayan berat.

Apa saja keistimewaan burung merpati?

Yang  jarang diperhatikan oleh para pecinta merpati yaitu keistimewaan burung merpati yang dijelaskan berikut ini:

  • Kemampuan terbangnya tercatat pada ketinggian 6.000 kaki atau lebih, dengan kecepatan terbang rata-rata 77,6 km / jam dan ada yang setinggi 92,5 km / jam.
  • Jarak tempuh penerbangan rata-rata 600-700 mil / hari, dengan catatan penerbangan terlama 55 hari, antara Afrika-Inggris yang berjarak sekitar 7.000 km.
  • Merpati menentukan arah dengan mendeteksi dan merasakan medan magnet bumi atau dengan menggunakan matahari sebagai panduan.
  • Burung merpati minum dengan cara menghirup air dan menggunakan paruhnya sebagai sedotan tanpa mengangkat kepalanya. Berbeda dengan burung lainnya yang pada umumnya selalu memiringkan kepala atau menegakkan lehernya saat menelan air.
  • Merpati dapat melihat dan membedakan warna bahkan dapat melihat sinar ultraviolet, jadi merpati cukup sering digunakan dalam misi pencarian karena indra unik dan penglihatan mata yang sangat baik.
  • Burung merpati telah lulus tes cermin, yaitu kemampuan mengenali bayangannya sendiri di cermin.
  • Merpati dikenal sangat cerdas, mampu mengenali 26huruf dan mampu membuat konsep – dapat mengenali gambar dalam foto bahkan membedakan dua gambar manusia dalam foto.
  • Merpati balap mengepakkan sayapnya 10 kali per detik dengan detak jantungnya 600 kali per menit selama satu jam tanpa istirahat. Dengan kemampuannya itu, merpati menjadi atlet andalan di udara.
Baca Juga:   Jenis-Jenis Makanan Burung Merpati

Demikian fakta menarik dari burung merpati ini, semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan Anda tentangg burung merpati. Terimakasih.

Give a Comment